PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN SISWA BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH (MA) MADARIJUL HUDA KABUPATEN PATI


Laila Monika Rahmawati, 3301416001 (2022) PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN SISWA BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH (MA) MADARIJUL HUDA KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301416001 - Laila Monika Rahmawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penguatan karakter disiplin perlu dilakukan mengingat masih sering terjadi permasalahan disiplin di lingkungan sekolah. Untuk menguatkan karakter disiplin, dapat dilaksanakan melalui pendidikan karakter berbasis budaya sekolah. Madrasah Aliyah (MA) Madarijul Huda Kabupaten Pati sebagai salah satu lembaga pendidikan berbasis Islam yang menerapkan penguatan karakter disiplin siswa melalui pendidikan karakter berbasis budaya sekolah. Budaya sekolah yang diterapkan di MA Madarijul Huda Kabupaten Pati memiliki ciri khas dengan berbasis Islam dalam menguatkan karakter disiplin pada siswa mengingat MA Madarijul Huda Kabupaten Pati memiliki visi unggul dalam ilmu, amal, dan akhlaqul karimah dengan salah satu indikator terbiasa bersikap disiplin dalam setiap kegiatan. Berdasarkan visi tersebut penguatan karakter disiplin siswa ini diterapkan melalui budaya sekolah dalam upaya untuk menghasilkan siswa yang disiplin sesuai dengan indikator disiplin yaitu datang ke sekolah tepat waktu, patuh tata tertib, dan mengumpulkan tugas tepat waktu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui budaya sekolah apa saja yang diterapkan di MA Madarijul Huda Kabupaten Pati, pelaksanaan penguatan karakter disiplin siswa berbasis budaya sekolah di MA Madarijul Huda Kabupaten Pati, serta faktor pendukung dan penghambat dalam penguatan karakter disiplin siswa berbasis budaya sekolah di MA Madarijul Huda Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan di MA Madarijul Huda Kembang Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Data penelitian dianalisis dengan analisis interaktif meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan /verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) budaya sekolah yang diterapkan di MA Madarijul Huda Kabupaten Pati merupakan wujud dari nilai pendidikan yayasan yaitu nilai berbudaya dan budaya sekolahnya berbentuk budaya akademik berupa membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai, budaya nasional/lokal berupa memakai sarung di hari Kamis dan budaya demokratis berupa melakukan kultum setelah jama’ah dzuhur; (2) penguatan karakter disiplin siswa berbasis budaya sekolah di MA Madarijul Huda Kabupaten Pati dilakukan melalui tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Tahap perencanaan berupa mendesain pendidikan karakter berbasis budaya sekolah meliputi menentukan tujuan, menentukan prioritas nilai, koherensi, konsistensi, evaluasi, refleksi, dan dokumentasi. Tahap pelaksanaan berupa strategi penguatan karakter disiplin siswa meliputi mengikuti tata tertib, kesadaran diri, alat pendidikan dan hukuman; (3) faktor pendukung dalam penguatan karakter disiplin siswa berbasis budaya sekolah yaitu nilai pendidikan yayasan yang kuat yaitu nilai berbudaya, fasilitas yang memadai dan siswa yang antusias. Sedangkan faktor penghambat penguatan karakter disiplin siswa berbasis budaya sekolah yaitu kurangnya pendampingan guru, siswa yang tidak jera dan malas serta padatnya jadwal siswa. Simpulan penelitian yaitu MA Madarijul Huda Kabupaten Pati telah melaksanakan penguatan karakter disiplin berbasis budaya sekolah dengan baik. Saran penulis yaitu penindakan tegas bagi guru yang kurang mendampingi siswa. Melakukan pengawasan dalam upaya untuk meningkatkan pelaksanaan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah. Bagi bapak/ibu guru selalu meningkatkan motivasi kepada siswa terkait penguatan karakter disiplin terutama dalam pelaksanaan budaya sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penguatan Karakter, Disiplin, Budaya Sekolah.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:28
Last Modified: 01 Feb 2023 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55830

Actions (login required)

View Item View Item