Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Siswa Kelas X


Zulfia Hanum A. S. , 4201407027 (2011) Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Siswa Kelas X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Siswa Kelas X]
Preview
PDF (Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Siswa Kelas X) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekolah Berstandar Internasional (SBI) memiliki tanggung jawab yang besar dalam peningkatan kualitas pembelajarannya. Proses pembelajarannya bercirikan internasional yaitu student centered yang mampu mengembangkan daya kreasi, inovasi dan eksperimentasi peserta didik serta memenuhi standar KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Dari hasil observasi di SMA Negeri I Rembang, standar KKM yang ditetapkan adalah ≥75. Akan tetapi, hasil ketuntasan pemahaman konsep kelas X untuk mata pelajaran Fisika masih belum memenuhi standar tersebut. Hal ini memerlukan pemecahan diantaranya pelaksanaan pembelajaran Fisika harus mampu memadukan pengalaman langsung yang dapat diwujudkan melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas siswa pada pembelajaran inkuiri terbimbing, membandingkan keefektifan dan koefisien korelasi antara aktivitas dan penguasaan konsep listrik dinamis pada pembelajaran inkuiri terbimbing dan praktikum reguler. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan pretest-posttest control group design. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari tahap persiapan; uji coba tes; pelaksanaan dan analisis hasil penelitian. Data yang diambil adalah : (a) aktivitas siswa; (b) skor tes, dan (c) nilai evaluasi harian siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, (a) lembar observasi; (b) tes; (c) penugasan worksheet, dan (d) laporan praktikum. Hasil analisis observasi untuk kelas eksperimen menunjukkan bahwa rata-rata nilai pelaksanaan praktikum dan diskusi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol. Perhitungan koefisien korelasi (R) antara aktivitas dan penguasaan konsep listrik dinamis pada kelas eksperimen diperoleh 0.47 tergolong sedang dan kelas kontrol 0.29 tergolong rendah. Dari hasil analisis faktor gain <g> pada kelas eksperimen diperoleh 0.71 dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol diperoleh 0.62 dengan kriteria sedang. Pada kelas eksperimen diperoleh ketuntasan klasikal 87.50% dan kelas kontrol 74.29%. Nilai faktor gain <g> yang tinggi pada kelas eksperimen memperlihatkan peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi listrik dinamis. Pada kelas eksperimen ketuntasan individual maupun klasikal telah memenuhi standar di SMAN I Rembang yaitu, KKM individual ≥ 75 dan ketuntasan klasikal 85%. Sebaliknya, pada kelas kontrol belum memenuhi standar tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing efektif untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep siswa kelas X pada materi listrik dinamis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, inkuiri terbimbing, konsep listrik dinamis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Oct 2011 01:40
Last Modified: 25 Apr 2015 06:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5583

Actions (login required)

View Item View Item