ANALISIS FAKTOR KEUANGAN DAN NON KEUANGAN YANG BERPENGARUH PADA FINANCIAL DISTRESS (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)


Silvia Wulandari, 7211418182 (2022) ANALISIS FAKTOR KEUANGAN DAN NON KEUANGAN YANG BERPENGARUH PADA FINANCIAL DISTRESS (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211418182 - SILVIA WULANDARI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Financial distress atau sering biasa disebut kesulitan keuangan merupakan suatu kondisi yang terjadi pada suatu perusahaan dimana perusahaan tersebut mengalami penurunan kondisi keuangan hingga tidak dapat memenuhi kewajibannya selama beberapa periode. Kondisi tersebut bermula dari tidak tertibnya perusahaan dalam pengelolaan keuangan. Financial distress dapat menjadi sinyal dari kebangkrutan yang mungkin dialami oleh perusahaan. Hal tersebut terjadi karena adanya serangkaian kesalahan baik berdasarkan faktor keuangan atau non keuangan. Penelitian bertujuan untuk menguji apakah faktor keuangan yang terdiri dari arus kas operasi, likuiditas, leverage, sales growth, intellectual capital dan faktor non keuangan yang terdiri dari kepemilikan institusional dan komisaris independent berpengaruh terhadap financial distress. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017 sampai 2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga menghasilkan sampel sebanyak 41 perusahaan dengan jumlah unit analisis sebanyak 164. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi data panel dengan bantuan aplikasi E-views 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arus kas operasional, kepemilikan institusional, likuiditas, sales growth, dan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap financial distress. Leverage berpengaruh negatif terhadap financial distress sedangkan intellectual capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial distress. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa leverage dan intellectual capital berpengaruh terhadap financial distress sehingga disarankan perusahaan memperhatikan leverage dan inetellectual capital yang dapat berpengaruh terhadap financial distress. Bagi pihak kreditor dan investor disarankan untuk berhati-hati dalam mengambil keputusan sedangkan untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan proksi lain dalam menghitung arus kas operasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Financial Distress, Faktor Keuangan, Faktor Non Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:18
Last Modified: 01 Feb 2023 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55829

Actions (login required)

View Item View Item