PROSES PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SMP NEGERI 1 SOKARAJA KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS


Agatha Larasati Putripradani, 2501415022 (2022) PROSES PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SMP NEGERI 1 SOKARAJA KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2501415022 - AGATHA LARASATI PUTRIPRADANI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran ekstrakurikuler seni tari di SMP Negeri 1 Sokaraja terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap persiapan, penyampaian, latihan, dan penampilan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran ekstrakurikuler seni tari di SMP Negeri 1 Sokaraja Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. SMP Negeri 1 Sokaraja memiliki keistimewaan yaitu menjadi satu-satunya SMP Negeri di Kabupaten Banyumas yang tidak ada pembelajaran intrakurikuler seni tari, hanya ada ekstrakurikuler seni tari tetapi pelatih ekstrakurikuler seni tari di SMP Negeri 1 Sokaraja bukan berasal dari Sarjana Pendidikan Seni Tari. SMP Negeri 1 Sokaraja juga selalu menjuarai perlombaan tari baik tingkat Kabupaten Banyumas, Karesidenan Banyumas maupun Provinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan pada penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran ekstrakurikuler seni tari di SMP Negeri 1 Sokaraja meliputi empat tahapan yaitu persiapan, penyampaian, latihan, dan penampilan. Faktor pendukung proses pembelajaran terdiri dari pelatih yang berkompeten, sarana dan prasarana yang memadai, dukungan dari sekolah, dan dukungan dari orang tua. Faktor penghambat proses pembelajaran terdiri dari ruang tari yang jarang digunakan, materi yang diberikan pelatih kurang variatif, dan berhentinya ekstrakurikuler yang disebabkan oleh pandemi covid-19. Simpulan pada penelitian adalah proses pembelajaran ekstrakurikuler seni tari di SMP Negeri 1 Sokaraja berjalan sesuai dengan tahapan yang ada. Faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran ekstrakurikuler seni tari dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dalam mencetak prestasi. Saran bagi sekolah sebaiknya prestasi yang sudah ada baik di tingkat kabupaten dan provinsi dapat ditingkatkan sampai nasional. Prestasi tari yang biasanya menjuarai peringkat 1 atau 2 sebaiknya dipertahankan dan ditingkatkan agar bisa selalu juara

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: proses pembelajaran, ekstrakurikuler seni tari
Subjects: L Education > Educational Institutions
N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:18
Last Modified: 01 Feb 2023 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55828

Actions (login required)

View Item View Item