PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, MULTINATIONALITY DAN TAX HAVEN TERHADAP TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR MULTINASIONAL YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2017-2020


Maylita Nur Sugesti, 7211418126 (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, MULTINATIONALITY DAN TAX HAVEN TERHADAP TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR MULTINASIONAL YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2017-2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211418126 - Maylita Sugesti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Praktik tax avoidance khususnya pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI masih banyak terjadi, praktik ini memberikan dampak pada berkurangnya penerimaan pajak negara. Fenomena inilah yang melatarbelakangi dilakukan penelitian mengenai pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, multinationality, dan tax haven terhadap tax avoidance pada perusahaan manufaktur multinasional. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur multinasional yang terdaftar di BEI Tahun 2017-2020. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah metode purposive sampling, sehingga dihasilkan sampel akhir sebanyak 38 perusahaan manufaktur multinasional dengan 140 unit analisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan metode regresi berganda dengan Ordinary Least Squares (OLS). Hasil penelitian ini menemukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap tax avoidance, artinya semakin besar ukuran perusahaan maka semakin rendah praktik penghindaran pajak yang dilakukan oleh perusahaan. Sedangkan profitabilitas, multinasionalitas dan pemanfaatan tax haven tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Saran penelitian yaitu penelitian berikutnya dapat menggunakan jenis perusahaan lain seperti perusahaan pertambangan, asuransi atau perbankkan dan menambah variabel independen lain seperti seperti variabel leverage, transfer pricing maupun thin capitalization mengingat masih banyak persentase variabel independen yang belum terjelaskan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Multinationality, Tax Haven dan Tax Avoidance
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:14
Last Modified: 01 Feb 2023 02:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55827

Actions (login required)

View Item View Item