PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN KOMITE AUDIT TERHADAP AUDIT FEE DENGAN KOMPLEKSITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)


Ulya Maulida Khoirunnisa, 7211418116 (2022) PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN KOMITE AUDIT TERHADAP AUDIT FEE DENGAN KOMPLEKSITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211418116 - Ulya Maulida Khoirunnisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh profitabilitas dan ukuran komite audit terhadap audit fee. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan peran kompleksitas audit dalam memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap audit fee dan peran kompleksitas audit dalam memperkuat pengaruh ukuran komite audit terhadap audit fee. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2020 sejumlah 105. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 153 unit analisis. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Alat analisis penelitian ini menggunakan software statistic IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel profitabilitas tidak berpengaruh terhadap audit fee. Sementara itu, ukuran komite audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap audit fee. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa kompleksitas audit dapat memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap audit fee. Selanjutnya, kompleksitas audit dapat memperlemah pengaruh ukuran komite audit terhadap audit fee. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan untuk manajemen yaitu mempertimbangkan pengambilan keputusan terkait besaran audit fee yaitu dengan mempersiapkan dana yang lebih besar apabila memiliki jumlah komite audit yang banyak. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan proksi lain dalam mengukur variabel profitabilitas dengan menggunakan Return on Equity (ROE). Kemudian, untuk variabel kompleksitas audit dapat menggunakan proksi lain seperti jumlah cabang perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audit Fee; Profitabilitas; Ukuran Komite Audit; Kompleksitas Audit
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:01
Last Modified: 01 Feb 2023 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55824

Actions (login required)

View Item View Item