PENGARUH CAPITAL INTENSITY, SALES GROWTH, FINANCIAL DISTRESS, DAN ACCOUNTING CONSERVATISM TERHADAP TAX AVOIDANCE


Siti Inayatun Na’imah, 7211418115 (2022) PENGARUH CAPITAL INTENSITY, SALES GROWTH, FINANCIAL DISTRESS, DAN ACCOUNTING CONSERVATISM TERHADAP TAX AVOIDANCE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211418115_Siti Inayatun Na'imah - Siti Inayatun Na`imah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan harus memastikan bahwa mereka beroperasi dengan lancar dan tetap menguntungkan dengan terus berupaya untuk meminimalkan biaya yang harus dikeluarkan. Tax avoidance merupakan salah satu strategi yang biasa digunakan oleh perusahaan untuk meminimalkan jumlah pembayaran pajak dengan memanfaatkan celah yang ada dalam peraturan perpajakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh capital intensity, sales growth, financial distress, dan accounting conservatism terhadap tax avoidance. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis pengaruh variabel independen terhadap tax avoidance. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan keuangan yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dan website resmi dari masing-masing perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah 49 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel akhir sebanyak 37 perusahaan dengan 84 unit analisis. Penelitian menghilangkan 14 outlier, sehingga sampel akhir sebanyak 70 unit analisis. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan IBM SPSS Ver 25. Berdasarkan uji regresi linier berganda dengan data panel, penelitian ini menemukan bahwa financial distress secara signifikan berpengaruh positif terhadap tax avoidance. Accounting conservatism secara signifikan berpengaruh negatif terhadap tax avoidance. Capital intensity dan sales growth tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tax avoidance. Penelitian ini juga menemukan bahwa variasi variabel independen dapat menjelaskan 21% dari variasi penghindaran pajak. Simpulan dalam penelitian ini adalah dari lima hipotesis yang diajukan, terdapat tiga hipotesis yang diterima dan dua hipotesis ditolak. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk dapat menambah atau mempertimbangkan variabel lain yang dapat mempengaruhi tax avoidance juga untuk meneliti perusahaan sektor lain selain perusahaan pertambangan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pemerintah untuk menetapkan kebijakan yang dapat meminimalisir tindakan penghindaran pajak di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Capital Intensity, Sales Growth, Financial Distress, Accounting Conservatism. Tax Avoidance, Perusahaan Pertambangan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Feb 2023 01:54
Last Modified: 01 Feb 2023 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55822

Actions (login required)

View Item View Item