PENGARUH INDEPENDENSI, PENGALAMAN DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI AUDITOR TERHADAP PENDETEKSIAN KECURANGAN DENGAN SKEPTISISME PROFESIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Semarang)


Lintang Permata Putri, 7211418104 (2022) PENGARUH INDEPENDENSI, PENGALAMAN DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI AUDITOR TERHADAP PENDETEKSIAN KECURANGAN DENGAN SKEPTISISME PROFESIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211418104 - Lintang Permata Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh independensi auditor, pengalaman auditor, dan kemampuan komunikasi auditor terhadap pendeteksian kecurangan dengan skeptisisme profesional sebagai variabel moderating. Populasi pada penelitian ini adalah Kantor Akuntan Publik (KAP) di Kota Semarang, Jawa Tengah yang terdaftar pada Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Teknik penentuan sampel pada penelitian menggunakan metode convenience sampling dan jumlah sampel sebanyak 74 auditor. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu, yaitu analisis IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa independensi auditor tidak berpengaruh terhadap pendeteksian kecurangan. Pengalaman auditor dan kemampuan komunikasi auditor berpengaruh positif signifikan terhadap pendeteksian kecurangan. Skeptisisme profesional yang memoderasi independensi auditor, pengalaman auditor, dan kemampuan komunikasi auditor berpengaruh terhadap pendeteksian kecurangan. Berdasarkan hasil penelitian ini, auditor diharapkan tetap selalu mempertahankan dan meningkatkan sikap independensi, kemampuan komunikasi dengan klien, sikap skeptisisme profesional selama proses audit berlangsung serta menambah pengetahuan dengan selalu meningkatkan pengalaman di bidang auditing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendeteksian Kecurangan, Independensi Auditor, Pengalaman Auditor, Kemampuan Komunikasi Auditor, Skeptisisme Profesional.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Feb 2023 01:51
Last Modified: 01 Feb 2023 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55821

Actions (login required)

View Item View Item