PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan yang Tergabung dalam IDX ESG Leaders Tahun 2020-2021)


Marta Malau, 7211418040 (2022) PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan yang Tergabung dalam IDX ESG Leaders Tahun 2020-2021). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211418040 - Marta Malau.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komisaris independen, kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan terhadap integritas laporan keuangan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peran profitabilitas dalam memperkuat pengaruh komisaris independen, kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan terhadap integritas laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang tergabung dalam IDX ESG Leaders periode 2020-2021 sebanyak 30 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah unbalanced data. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan 60 unit analisis. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi data panel dan analisis regresi moderasi dengan bantuan program Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komisaris independen, kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan. Profitabilitas terbukti mampu memperkuat pengaruh kepemilikan institusional terhadap integritas laporan keuangan. Profitabilitas mampu memperlemah pengaruh komisaris independen terhadap integritas laporan keuangan namun profitabilitas tidak berhasil memperkuat maupun memperlemah pengaruh ukuran perusahaan terhadap integritas laporan keuangan. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 1 perusahaan yang tidak sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 33/PJOK.04/2014 sehingga diharapkan untuk menyesuaikan peraturan yang berlaku. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan proksi lain dalam mengukur variabel ukuran perusahaan yaitu dengan menggunakan total penjualan atau kapitalisasi pasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Integritas Laporan Keuangan, Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:38
Last Modified: 31 Jan 2023 07:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55817

Actions (login required)

View Item View Item