PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN KONEKSI POLITIK TERHADAP TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA BEI TAHUN 2018-2020


Anisa Zakiyah Nur, 7211418003 (2022) PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN KONEKSI POLITIK TERHADAP TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA BEI TAHUN 2018-2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211418003- Anisa Zakiyah Nur.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Realisasi penerimaan pajak dari tahun 2018 sampai 2020 tidak bisa memenuhi target yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Penerimaan pajak yang masih fluktuasi dan tidak mencapai target penerimaan pajak disebabkan oleh masalah penghindaran pajak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh kepemilikan kanajerial, kepemilikan asing, kepemilikan institusional, kepemilikan keluarga dan koneksi politik terhadap tax avoidance. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian hypothesis testing study. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2018-2020 sebanyak 176 perusahaan. Sampel pada penelitian ini diambil menggunakan metode purposive sampling. Sampel diperoleh sebanyak 73 perusahaan menufaktur dengan unit analisis sebanyak 195 unit analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Data diperoleh bersumber dari www.idx.co.id atau situs resmi dari masing-masing perusahaan sampel. Analisis data menggunakan analisis regresi data panel dengan model terpilih Fixed Effect Model dengan bantuan program komputer Microsoft Excel dan Eviews versi 9. Hasil dari penelitian ini adalah kepemilikan institusional dan koneksi politik berpengaruh negatif terhadap tax avoidance, serta kepemilikan asing berpengaruh positif, sedangkan kepemilikan manajerial dan kepemilikan keluarga tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Saran bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menguji perbedaan tax avoidance perusahaan manfaktur sebelum, selama dan setelah pandemi covid yaitu pada tahun 2018-2022. Sehingga bermanfaat untuk pengambilan kebijakan pemerintah dan perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tax avoidance, Struktur Kepemilikan dan Koneksi Politik
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:57
Last Modified: 31 Jan 2023 06:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55813

Actions (login required)

View Item View Item