PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR MODAL, DAN LIKUIDITAS TEHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PERENCANAAN PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2020)


Rizka Nanda Prameswari, 7211417173 (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR MODAL, DAN LIKUIDITAS TEHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PERENCANAAN PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211417173_Rizka Nanda Prameswari - RIZKA NANDA 21.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Nilai perusahaan dapat dilihat dari harga saham. Semakin tinggi permintaan akan saham, maka akan semakin tinggi pula harga saham tersebut sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari profitabilitas, struktur modal, likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan menghadirkan perencanaan pajak sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017- 2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan kriteria perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar secara berturut-turut di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2017-2020 sehingga diperoleh sampel sebanyak 24 sampel perusahaan dengan 83 unit analisis. Metode yang digunakan analisis regresi moderasi dengan uji interaksi. Data sekunder berupa laporan keuangan yang digunakan dalam penelitian ini. Aplikasi IBM SPSS Statistics 20 digunakan sebagai alat analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan likuiditas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Perencanaan pajak tidak mampu memoderasi signifikan pengaruh profitabilitas dan struktur modal terhadap nilai perusahaan, sedangkan perencanaan pajak mampu memoderasi dan signifikan pengaruh likuiditas terhadap nilai perusaahaan. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat menambah ataupun mengganti sampel perusahaan pada sektor lain. Selain itu juga dapat menambahkan variabel lain yang dapat memengaruhi nilai perusahaan, sehingga diharapkan penelitian terhadap nilai perusahaan terus berkembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal, Likuiditas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:53
Last Modified: 31 Jan 2023 06:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55812

Actions (login required)

View Item View Item