PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN SALES GROWTH TERHADAP MANAJEMEN PAJAK DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)


Al Fidatul Alfiah, 7211417107 (2022) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN SALES GROWTH TERHADAP MANAJEMEN PAJAK DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211417107_AL FIDATUL ALFIAH - ABCDEF Rkive.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pajak merupakan penopang terbesar pada sumber pendapatan negara. Disatu sisi pemerintah berusaha untuk terus meningkatkan realisasi penerimaan pajak, namun disisi lain perusahaan berusaha untuk menekan beban pajak seminimal mungkin. Kesalahan dalam pengelolaan manajemen pajak justru dapat menjadi malapetaka bagi perusahaan. Wajib pajak harus tetap berlandaskan pada peraturan perpajakan yang berlaku dalam pelaksanaan manajemen pajaknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh corporate governance dan sales growth terhadap manajemen pajak dengan konservatisme akuntansi sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2017-2020 dengan jumlah 195 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel akhir sebesar 50 perusahaan, dengan 121 unit analisis, setelah dikurangi dengan 79 data outlier. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yakni analisis regresi moderasi dengan metode uji nilai selisih mutlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate governance yang diukur dengan kepemilikan institusional dan komisaris independen berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen pajak. Sales growth tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen pajak. Konservatisme akuntansi tidak mampu memoderasi pengaruh antara kepemilikan institusional, komisaris independen, dan sales growth terhadap manajemen pajak. Simpulan dari penelitian ini adalah kepemilikan institusional dan komisaris independen mampu meningkatkan pengoptimalan manajemen pajak, sedangkan sales growth tidak memiliki pengaruh terhadap manajemen pajak. Tinggi rendahnya tingkat konservatisme akuntansi tidak mampu memoderasi pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen. Saran pada penelitian ini antara lain: perusahaan hendaknya meningkatkan kuantitas serta kualitas elemen tata kelola perusahaan, sehingga dapat mendorong pengoptimalan manajemen pajak, bagi peneliti selanjutnya hendaknya mengeksplorasi variabel independen lainnya yang mampu memberikan pengaruh lebih kuat terhadap manajemen pajak contohnya profitabilitas, serta menggunakan proksi lain untuk konservatisme akuntansi contohnya adalah proksi discretionary accruals.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pajak, Corporate Governance, Sales Growth, Konservatisme Akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:48
Last Modified: 31 Jan 2023 06:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55810

Actions (login required)

View Item View Item