ANALISIS DAMPAK RELOKASI PASAR DAN KEBIJAKAN BIAYA RETRIBUSI TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR SIDO MAKMUR KABUPATEN BLORA


Muhammad Allif Fathoni, 7111417143 (2022) ANALISIS DAMPAK RELOKASI PASAR DAN KEBIJAKAN BIAYA RETRIBUSI TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR SIDO MAKMUR KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111417143 - Muhammad Allif Fathoni.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak relokasi pasar dan kebijakan biaya retribusi terhadap pendapatan pada pedagang Pasar Sido Makmur yang berada di kabupaten Blora . Penelitian ini merupakan penelitian Mix Method yaitu penggabungan antara penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan alat analisis deskriptif kualitatif. Penetapan besaran sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dan untuk pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Sampel yang terdapat dalam penelitian ini yaitu 100 pedagang yang masuk dalam kategori pedagang yang relokasi dari Pasar Induk kabupaten Blora . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dampak dari relokasi pasar terhadap pendapatan pedagang Pasar Sido Makmur berdasarkan hasil yang didapat dari informan mengatakan bahwa sebagian besar pedagang mengalami penurunan pendapatan. Hal ini dapat dilihat bahwa sebesar 83% pedagang dari total informan mengalami penurunan pendapatan dikarenakan perubahan lokasi pasar yang dinilai tidak strategis sehingga membuat pengunjung pasar berkurang atau mengalami penurunan. Kemudian kebijakan biaya retribusi dimana tarif retribusi pasar mengalami perubahan memberikan pengaruh terhadap pendapatan pedagang dikarenakan perubahan tarif retribusi pasar berdampak pada kenaikan pengeluaran pedagang yang mengakibatkan penurunan pendapatan bersih bagi pedagang. Sementara untuk faktor yang mempengruhi pendapatan berupa lama usaha, modal, tenaga kerja, dan jam kerja setelah pasar direlokasi para pedagang yang memiliki lama usaha paling lama, modal usaha terbanyak dan jam kerja terlama mengalami penurunan pendapatan hal ini dikarenakan relokasi pasar mengakibatkan perubahan pada lokasi dan bangunan pasar sehingga banyak pedagang yang kehilangan pelanggannya ketika di pasar yang lama. Sedangkan untuk tenaga kerja setelah direlokasi pada informan tidak ada yang memiliki tenaga kerja karena tidak mempu untuk membayar upah tenaga kerja. Saran dalam penelitian ini yaitu perlu adanya usaha untuk menarik pengunjung pasar agar berbelanja ke pasar dengan memperbaiki transportasi umum yang menuju ke pasar sehingga memudahkan pembeli untuk menuju ke pasar, mengevaluasi pengeluaran operasional pedagang yang dapat digunakan untuk menutupi perubahan tarif retribusi dan perlunya adaptasi sosial dan ekonomi bagi pedagang agar mendapatkan pelanggan pada pasar baru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Relokasi, Retribusi, Kebijakan, Pendapatan Pedagang
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:27
Last Modified: 31 Jan 2023 06:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55805

Actions (login required)

View Item View Item