PENGARUH SELF-EFFICACY, MINAT MENJADI GURU, DAN KREATIVITAS TERHADAP JIWA TEACHERPRENEURSHIP DAN PRAKTIK E-PEDAGOGY PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN TAHUN 2018


Dwi Putra Andika, 7101418347 (2022) PENGARUH SELF-EFFICACY, MINAT MENJADI GURU, DAN KREATIVITAS TERHADAP JIWA TEACHERPRENEURSHIP DAN PRAKTIK E-PEDAGOGY PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN TAHUN 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418347 - Dwi Putra Andika.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini menggunakan dua tema, yaitu jiwa teacherpreneurship dan praktik e-pedagogy. Akan tetapi, dalam observasi awal jiwa teacherpreneurship 58,55% dan praktik e-pedagogy 56,6% pada mahasiswa masih perlu ditingkatkan kembali. Selanjutnya, berbagai hasil penelitian pada tema jiwa teacherpreneurship dan praktik e-pedagogy juga menunjukkan bahwa hasil penelitian yang tidak konsisten. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh self-efficacy, minat menjadi guru, dan kreativitas terhadap jiwa teacherpreneurship dan praktik e-pedagogy pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan tahun 2018 Universitas Negeri Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan SEM-PLS. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 yang berjumlah 335 mahasiswa. Ukuran sampel penilitian ini menggunakan rumus Slovin dengan standard error 5% sebanyak 182 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik propotional random sampling, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa dari 6 (enam) hipotesis yang diajukan, terdapat 1 (satu) hipotesis yang ditolak dan 5 (lima) hipotesis yang diterima, dengan rincian sebagai berikut, (1) self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap jiwa teacherpreneurship sebesar 44,4%, (2) minat menjadi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap jiwa teacherpreneurship sebesar 19,5%, (3) kreativitas berpengaruh positif dan signifikan jiwa teacherpreneurship sebesar 27%, (4) selfefficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap praktik e-pedagogy sebesar 60,7%, (5) minat menjadi guru berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap praktik e-pedagogy sebesar 4,1%, (6) kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap praktik e-pedagogy sebesar 31,2%. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 6 (enam) hipotesis yang diajukan, terdapat 1 (satu) hipotesis yang ditolak dan 5 (lima) hipotesis yang diterima. Saran kepada peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menganalisis dan meneliti variabel lain yang dapat mempengaruhi jiwa teacherpreneurship dan praktik e-pedagogy seperti lingkungan keluarga, lingkungan teman sebaya atau variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jiwa Teacherpreneurship, Praktik e-Pedagogy, Self-Efficacy, Minat Menjadi Guru, Kreativitas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:38
Last Modified: 31 Jan 2023 04:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55801

Actions (login required)

View Item View Item