PENGARUH GAYA HIDUP, LITERASI EKONOMI, PENGGUNAAN E-MONEY, PENGGUNAAN, MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DENGAN PENGENDALIAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Lelen Anggraeni, 7101418335 (2022) PENGARUH GAYA HIDUP, LITERASI EKONOMI, PENGGUNAAN E-MONEY, PENGGUNAAN, MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DENGAN PENGENDALIAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418335 - Lelen Anggraeni.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku Konsumtif merupakan suatu kebiasaan dalam mengkonsumsi suatu barang atau jasa yang sudah tidak rasional dan tidak terdapat pertimbangan di awal, individu hanya melihat dari satu sisi kesenangan serta lebih mementingkan kepuasan dari pada kegunaan maupun keperluan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, literasi ekonomi, penggunaan e-money, penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif dengan pengendalian diri sebagai variabel moderating. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi (pendidikan akuntansi) Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 sebanyal 119 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan Non Probability berupa Sampling Jenuh merupakan teknik penentuan sampel bila semua anggota digunakan sebagai sampel. teknik pengambilan data menggunakan metode koesioner. Metode analisis data menggunaan analisis deskriptif dan analisisregresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif sebesar 27,46%, literasi ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif sebesar 7,29%, penggunaan e-money dan penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhada perilaku konsumtif masing-masing sebesar 9,48% dan 5,42%, pengendalian diri sebagai variabel moderating dapat memperlemah penggunaan media sosial terhada perilaku konsumtif sebesar 3,57%. Saran dari peneliti, mahasiswa harus mengatur skala prioritas dalam berkonsumsi maupun berbelanja, meningkatkan literasi ekonomi dengan memahami ilmu ekonomi dan merealisasikan dalam aktivitasnya seharihari, lebih bijak dalam melakukan transaksi secara online maupun dalam penggunaan media sosial harus sesuai dengan kebutuhan, jangan mudah tergiur oleh iklan dan promosi produk yang menarik, pengendalian diri dapat membantu dalam meminimalisir terjadinya peningkatan perilaku konsumtif mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumtif, Gay Hidup, Literasi Ekonomi, Penggunaan E-money, Penggunaan Media Sosial, Pengendalian Diri.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:35
Last Modified: 31 Jan 2023 04:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55800

Actions (login required)

View Item View Item