PENGARUH LITERASI WIRAUSAHA, MINDSET WIRAUSAHA, DAN ORIENTASI WIRAUSAHA TERHADAP KAPABILITAS INOVASI UMKM (Studi Kasus Pelaku UMKM Di Kawasan Pariwisata Pantai Teluk Penyu Kabupaten Cilacap)


Ainun Cahya Anjar Uncana, 7101418295 (2022) PENGARUH LITERASI WIRAUSAHA, MINDSET WIRAUSAHA, DAN ORIENTASI WIRAUSAHA TERHADAP KAPABILITAS INOVASI UMKM (Studi Kasus Pelaku UMKM Di Kawasan Pariwisata Pantai Teluk Penyu Kabupaten Cilacap). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418295 - Ainun Cahya Anjar Uncana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh literasi wirausaha, mindset wirausaha, dan orientasi wirausaha terhadap kapabilitas inovasi UMKM di Kawasan Pariwisata Pantai Teluk Penyu Kab Cilacap. Kapabilitas inovasi merupakan pengembangan produk untuk menghasilkan produk produk baru sebagai inovasi untuk mengembangkan UMKM sektor pariwisata khususnya di sektor pantai agar bisa berkembang dan bersaing dengan UMKM lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM yang ada di Kawasan pariwisata Pantai Teluk Penyu Kabupaten Cilacap. Yang berjumlah 124 responden. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan non probabability samping. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi berganda menggunakan IBM SPSS 26.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis deskriptif dari variabel kapabilitas inovasi tergolong sangat baik yang ditunjukkan dengan rata-rata skor jawaban responden sebesar 33,80. Sedangkan untuk variabel bebas dalam penelitian ini yaitu literasi wirausaha memiliki rata-rata 34,57 berada pada kategori tinggi, variabel mindset wirausaha memiliki rata-rata 36,53 berada pada kategori tinggi dan variabel orientasi wirausaha memiliki rata-rata 34,88 berada pada kategori tinggi Literasi wirausaha berpengaruh terhadap kapabilitas inovasi sebesar 23,52%. variabel mindset wirausaha berpengaruh terhadap kapabilitas inovasi sebesar 3,20% dan variabel orientasi wirausaha berpengaruh terhadap kapabilitas inovasi sebesar 15,68%. Hasil analisis persamaan regresi linier berganda Y= 2,338+ 0,501X1 + 0,108X2 + 0,426X3 + e dengan nilai koefisiensi determinasi sebesar 0,595, hal ini berarti bahwa nilai 59,5% merupakan besarnya pengaruh dari literasi wirausaha, mindset wirausaha, dan orientasi wirausaha terhadap kapabilitas inovasi UMKM dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mengenai wirausaha melalui pemahaman informasi mengenai strategi bisnis dengan orang lain, pelaku UMKM dapat memiliki growth mindset, memiliki ketrampilan baru dan memiliki sifat optimis serta memiliki pemikiran yang selalu ingin meningkatkan potensi diri dalam berwirausaha, memiliki pemikiran yang selalu ingin meningkatkan potensi diri dalam berwirausaha. Selain itu, pelaku UMKM juga diharapkan mampu untuk meningkatkan kapabilitas inovasi UMKM itu sendiri, agar dapat membuat nilai (creating value) dari usahanya sendiri sehingga lebih siap pengoptimalan bisnisnya sebagai wujud dari orientasi wirausaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kapabilitas Inovasi UMKM, Literasi Wirausaha, Mindset Wirausaha, Orientasi Wirausaha.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:31
Last Modified: 31 Jan 2023 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55798

Actions (login required)

View Item View Item