PENGGUNAAN APLIKASI PLECO DALAM PEMBELAJARAN HAFALAN BIHUA PADA SISWA KELAS X BAHASA SMA NEGERI 2 CILACAP SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2021/2022


Ratna Dewi Kumala Sari, 2404421038 (2022) PENGGUNAAN APLIKASI PLECO DALAM PEMBELAJARAN HAFALAN BIHUA PADA SISWA KELAS X BAHASA SMA NEGERI 2 CILACAP SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2021/2022. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2404421038 - Ratna Dewi Kumala Sari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan serta pembelajaran merupakan kesatuan yang saling terpaut. Pembelajaran adalah bentuk dari pengalaman pembelajaran yang meliputi kumpulan aktivitas yang dirancang untuk proses pembelajaran. Pembelajaran Bahasa Asing merupakan kebutuhan yang penting di era globalisasi khususnya bagi siswa pada jenjang pendidikan SMA. Namun selama beberapa tahun yang lalu kegiatan belajar mengajar terganjal karena adanya faktor kejenuhan pada siswa. Hal yang sama juga terjadi pada siswa SMA Negeri 2 Cilacap. Selain itu, implementasi media yang belum dilakukan pada SMA Negeri 2 Cilacap berimbas pada hasil belajar siswa. Rumusan masalah dari latar belakang tersebut adalah bagaimana pemanfaatan media aplikasi Pleco dapat meningkatkan prestasi belajar 笔画 bǐhuà di kelas X Bahasa SMA Negeri 2 Cilacap. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pemanfaatan media aplikasi Pleco dapat meningkatkan prestasi belajar 笔画 bǐhuà di kelas X Bahasa SMA Negeri 2 Cilacap. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan atau Action Reseach. Sumber data diperoleh melalui observasi dan penyebarluasan angket/kuisioner penelitian epada siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 2 Cilacap. Metode analisis data yang digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis hasil tes dan hasil non tes dari dua siklus yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar menulis bihua menggunakan aplikasi pleco yang dilakukan oleh peneliti melalui penelitian tindakan kelas pada siklus I dan II. Peningkatan kemampuan menulis dilihat dari hasil pre tes dan post tes pada siklus I dan II yang mengalami peningkatan cukup baik. Selain itu juga dari hasil non tes dari responden yang menyebutkan keuntungan pemakaian aplikasi pleco. Pemanfaatan aplikasi pleco pada bidang kompetensi menulis terdapat pada tiga fitur yaitu fitur terkait dengan jenis-jenis guratan yang terdapat dalam penulisan hanzi, fitur stroke pada setiap kata yang dicari pada pleco beserta video urutan guratan pada penulisan hanzi, dan fitur search screen untuk berlatih menulis hanzi langsung pada aplikasi pleco. Hal ini dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan pendidika dan peserta didik dalam melangsungkan kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan teknologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Menulis, Pleco, Bihua
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:28
Last Modified: 31 Jan 2023 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55797

Actions (login required)

View Item View Item