PENGARUH PRESEPSI KEMANFAATAN, PRESEPSI KEMUDAHAN, CASHBACK DAN REWARD TERHADAP PENGGUNAAN E-WALLET OVO DENGAN SIKAP SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


AULIYA BINTA HIDAYATI, 7101418291 (2022) PENGARUH PRESEPSI KEMANFAATAN, PRESEPSI KEMUDAHAN, CASHBACK DAN REWARD TERHADAP PENGGUNAAN E-WALLET OVO DENGAN SIKAP SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418291 - Auliya Binta Hidayati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

E-Wallet merupakan salah satu bagian finansial teknologi yang inovatif di era digital yang berfungsi untuk menyimpan data dan instrumen pembayaran yang antara lainnya untuk menyimpan data dan instrumen pembayaran. Seiring dengan bekembangnya transaksi berbasis chip, penggunaan e-wallet OVO terus meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh presepsi kemanfaatan, presepsi kemudahan, cashback dan reward terhadap penggunaan ewallet OVO. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2018 dan 2019 sebanyak 1952 mahasiswa dan pengambilan sampel berdasarkan rumus solvin menggunakan teknik random sampling sebanyak 332 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif dan analisis jalur menggunakan wrapPLS. Hasil analisis deskriptif menunjukan penggunaan e-wallet OVO, cashback dan reward masuk dalam kriteria cukup tinggi. Sedangkan presepsi kemanfaatan dan presepsi kemudahan masuk dalam kategori tinggi. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa presepsi kemanfaatan dan presepsi kemudahan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penggunaan e-wallet OVO. Sedangkan cashback dan reward tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-wallet OVO. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa presepsi kemanfaatan dan presepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-wallet OVO dengan dimediasi oleh sikap kemudahan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penggunaan e-wallet OVO yang di mediasi oleh sikap. Simpulan dari penelitian ini adalah presepsi kemanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-wallet OVO, presepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-wallet OVO, cashback dan reward tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-wallet OVO. Presepsi kemanfaatan dan kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-wallet OVO dengan sikap sebagai variabel mediasi. Saran bagi mahasiswa agar lebih memiliki sikap terhadap penerimaan teknologi dengan menggunakan layanan e-wallet OVO, mahasiswa dapat menggunakan layanan ewallet OVO dengan memanfaatkan kemanfaatan dan kemudahan yang diberikan. Saran bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan variabel bebas seperti promosi untuk mengukur tingkat penggunaan e-wallet OVO pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Presepsi Kemanfaatan, Presepsi Kemudahan, Cashback dan Reward, Penggunaan E-Wallet OVO, Sikap
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:19
Last Modified: 31 Jan 2023 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55796

Actions (login required)

View Item View Item