PENGARUH GAYA HIDUP, PENDAPATAN, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN UTANG PADA MASYARAKAT DI KABUPATEN PATI


ELISA DITYANI, 7101418281 (2022) PENGARUH GAYA HIDUP, PENDAPATAN, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN UTANG PADA MASYARAKAT DI KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418281 - ELISA DITYANI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Utang merupakan suatu pinjaman dana atau barang, baik tunai atau kredit kepada pihak lain yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan harus dikembalikan dalam jangka waktu tertentu. Seseorang melakukan utang ketika dirasa pendapatan yang mereka terima lebih kecil dari pada pengeluaran yang dilakukan. Utang telah menjadi hal yang lumrah di kalangan masyarakat, maka diperlukan pengelolaan utang yang baik supaya utang dapat dikendalikan. Pengelolaan utang yang kurang tepat seperti yang dilakukan pada masyarakat di Kabupaten Pati dengan sistem gali lubang tutup lubang atau membayar utang dengan berhutang lagi di tempat lain merupakan salah satu contoh perilaku pengelolaan utang yang kurang tepat. Perilaku pengelolaan yang seperti ini sudah menjadi masalah umum yang kerap dilakukan pada beberapa lapisan masyarakat, yang menyebabkan semakin menumpuknya jumlah utang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup, pendapatan, dan literasi keuangan terhadap perilaku pengelolaan utang pada masyarakat di Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kabupaten Pati. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan rumus Bronli. Jadi, hanya ada 100 responden yang dianalisis sebagai sampel. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif menggunakan angka indeks five box method dan SEM PLS dengan software WarpPLS untuk menganalisis uji outer model, uji inner model, dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil penelitian pada analisis deskriptif bahwa perilaku pengelolaan utang masyarakat Kabupaten Pati berkategori sedang dengan angka indeks sebesar 68, gaya hidup masyarakat Kabupaten Pati berkategori rendah dengan angka indeks sebesar 52.6, pendapatan masyarakat Kabupaten Pati berkategori tinggi dengan angka indeks sebesar 74.8, dan literasi keuangan masyarakat Kabupaten Pati berkategori tinggi dengan angka indeks sebesar 81.46. Hasil penelitian menyatakan bahwa gaya hidup, pendapatan, dan literasi keuangan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan utang dengan R-square 0.37. Sedangkan hasil pengujian variabel gaya hidup memiliki arah positif terhadap variabel perilaku pengelolaan utang dengan koefisiensi sebesar 0.37 dan p-value sebesar <0.01, pengujian variabel pendapatan memiliki arah positif terhadap variabel perilaku pengelolaan utang dengan koefisien 0.24 dan p-value sebesar <0.01, serta pengujian variabel literasi keuangan memiliki arah positif terhadap variabel perilaku pengelolaan utang dengan koefisien 0.28 dan p-value sebesar <0.01.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Pendapatan, Literasi Keuangan, dan Perilaku Pengelolaan Utang
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:10
Last Modified: 31 Jan 2023 04:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55795

Actions (login required)

View Item View Item