ANALISIS NIAT MENGGUNAKAN ELENA DALAM PERSPEKTIF HARMONISASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB)


UMMI FARIKA, 7101418257 (2022) ANALISIS NIAT MENGGUNAKAN ELENA DALAM PERSPEKTIF HARMONISASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418257 - Ummi Farika.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang masih banyak yang belum tertarik dan memanfaatkan fitur – fitur di elena didukung dengan jarangnya penggunaan dan merasa belum ada manfaat yang dirasakan dalam menggunakan elena sebagai media untuk mendukung pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel – variabel yang mempengaruhi behavior intention pada elena sekaligus memberikan umpan balik terhadap penggunaan elena. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiwa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2021 yang berjumlah 420 mahasiswa dan pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin sebanyak 205 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian analisis stastistik deskriptif menunjukan bahwa behavior intention berada dalam kategori tinggi. Perceived usefulness berada dalam kategori tinggi. Perceived ease of use berada dalam kategori tinggi. Attitude berada dalam kategori tinggi. Subjective norm berada dalam kategori tinggi. Perceived behavioral control berada dalam kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis membuktikan perceived usefulness, attitude, subjective norm dan perceived behavioral control berpengaruh positif signifikan terhadap behavior intention dan perceived ease of use berpengaruh negatif signifikan terhadap behavior intention. Attitude mampu memediasi perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap behavior intention. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa behavior intention dipengaruhi oleh perceived usefulness, attitude, subjective norm dan perceived behavioral control dan Attitude mampu memediasi perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap behavior intention. Saran yang dapat diberikan yaitu perlu adanya panduan dan sosialisasi dalam menggunakan elena setiap terjadi upgrade sistem agar mahasiswa tidak merasa kesulitan dalam mengakses elena.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Attitude, Subjective Norm, Perceived Behavioral Control, Behavior Intention.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:02
Last Modified: 31 Jan 2023 04:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55794

Actions (login required)

View Item View Item