DETERMINAN INTENSI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Hasna Ulwiyatul Fikriya, 7101418202 (2022) DETERMINAN INTENSI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418202 - Hasna Ulwiyatul Fikriya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Intensi kewirausahaan sosial merupakan keinginan seseorang untuk menciptakan usaha dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan kewirausahaan, empati dan persepsi dukungan sosial melalui efikasi diri terhadap intensi kewirausahaan sosial pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 151 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Propotional Random Sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel dengan menggunakan program IBM SPSS Statistic 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan pengetahuan kewirausahaan terhadap efikasi diri (3,31%), ada pengaruh positif dan signifikan empati terhadap efikasi diri (8,88%), ada pengaruh positif dan signifikan persepsi dukungan sosial terhadap efikasi diri (6,76%), ada pengaruh positif dan signifikan efikasi diri terhadap intensi kewirausahaan sosial (18,14%), ada pengaruh positif dan signifikan pengetahuan kewirausahaan terhadap intensi kewirausahaan sosial melalui efikasi diri (11,63%), ada pengaruh positif dan signifikan empati terhadap intensi kewirausahaan sosial melalui efikasi diri (18,8%), dan ada pengaruh positif dan signifikan persepsi dukungan sosial terhadap intensi kewirausahaan sosial melalui efikasi diri (13,5%). Saran dari penelitian ini yaitu hendaknya mahasiswa meningkatkan pengetahuan kewirausahaan, khusunya pengetahuan mengenai kewirausahaan sosial dengan mengikuti pelatihan kewirausahaan maupun mengikuti program kewirausahaan yang diselenggarakan pemerintah. Sehingga, dapat mendorong mahasiswa untuk tidak hanya menjadi wirausaha yang hanya mengutamakan profit, tetapi juga ikut serta dalam mewujudkan misi sosial melalui kewirausahaan sosial. Mahasiswa juga perlu meningkatkan efikasi diri yang dapat meningkatkan keyakinan optimisme mahasiswa dalam menciptakan usaha sosial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Kewirausahaan, Empati, Persepsi Dukungan Sosial, Efikasi Diri, Intensi Kewirausahaan Sosial
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:56
Last Modified: 31 Jan 2023 03:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55793

Actions (login required)

View Item View Item