PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN SELF-ESTEEM TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI TAHUN 2020 DAN 2021


Alfiantika Agustina Sari, 7101418193 (2022) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN SELF-ESTEEM TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI TAHUN 2020 DAN 2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418193 - Alfiantika Agustina Sari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Resiliensi Akademik merupakan suatu kemampuan individu untuk mengendalikan diri dengan baik ketika dihadapkan suatu masalah, tantangan, kesulitan, dan tuntutan terhadap kegiatan akademiknya. Resiliensi akademik dapat dikatakan baik apabila individu dapat mengatasi berbagai tuntutan dalam permasalahan akademiknya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dukungan sosial dan self-esteem baik secara parsial maupun simultan terhadap resiliensi akademik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian adalah Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2020 dan 2021 sebanyak 344 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling diperoleh 185 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis data terdiri dari analiis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dukungan sosial dan self-esteem berpengaruh terhadap resiliensi akademik sebesar 60,4%. Secara parsial dukungan sosial berpengaruh positif terhadap resiliensi akademik (7,861%), selfesteem berpengaruh positif terhadap resiliensi akademik (19,36%). Dukungan sosial dan self-esteem secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap resiliensi akademik. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dukungan sosial dan self-esteem terhadap resiliensi akademik pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Tahun 2020 dan 2021 secara parsial dan simultan. Saran dari peneliti yaitu mahasiswa untuk menjaga komunikasi yang baik kepada keluarga, teman, maupun lingkungan sekitar serta mahasiswa untuk meningkatkan self-esteem dengan cara selalu mengembangkan kualitas pada dirinya dan menghargai diri sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial, Self-Esteem, dan Resiliensi Akademik.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:14
Last Modified: 31 Jan 2023 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55791

Actions (login required)

View Item View Item