PENGARUH GAYA BELAJAR, IKLIM KELAS, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Pradita Fadilla, 7101418154 (2022) PENGARUH GAYA BELAJAR, IKLIM KELAS, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418154 - Pradita Fadilla.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Aktivitas mahasiswa menjadi syarat mutlak bagi berlangsungnya interaksi belajar mengajar. Keaktifan belajar merupakan bentuk keterlibatan mahasiswa dalam berbagai aktivitas belajar mengajar, dengan keaktifan mahasiswa dapat berlatih untuk berpikir kritis, dan dapat memecahkan permasalahanpermasalahannya selama proses pembelajaran, namun dalam hasil angket awal keaktifan belajar mahasiswa masih rendah sehingga perlu ditingkatkan agar mahasiswa mampu terlibat aktif saat proses belajar mengajar. Berbagai hasil penelitian pada tema keaktifan belajar juga menunjukkan hasil penelitian yang tidak konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar yaitu variabel gaya belajar, iklim kelas, dan perhatian orang tua melalui motivasi belajar sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dengan angket dan dianalisis menggunakan SEM-PLS. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2019 sebanyak 114 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 hipotesis yang diajukan, terdapat 3 (tiga) hipotesis yang ditolak dan 7 (tujuh) hipotesis yang diterima, dengan rincian sebagai berikut, gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar sebesar 19,5%, iklim kelas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keaktifan belajar sebesar 6%, perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar sebesar 29,5%. Selanjutnya motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar sebesar 42%. Sedangkan iklim kelas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap motivasi belajar sebesar 3,1% dan perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar sebesar 40%. Begitupula gaya belajar yang dimediasi oleh motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan sebesar 20,3%, iklim kelas yang dimediasi oleh motivasi belajar berpengaruh positif namun tidak signifikan sebesar 1,3%, perhatian orang tua yang dimediasi oleh motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan sebesar 16,8%. Simpulan dari penelitian ini adalah 7 (tujuh) hipotesis diterima dan 3 (tiga) ditolak. Saran kepada peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menganalisis dan meneliti variabel lain yang dapat mempengaruhi keaktifan belajar seperti kesiapan belajar, sikap mahasiswa, atau variabel lain yang mendukung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Gaya Belajar, Iklim Kelas, Perhatian Orang Tua, dan Motivasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:04
Last Modified: 31 Jan 2023 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55789

Actions (login required)

View Item View Item