PENGARUH MINAT MENJADI GURU, KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL, DAN PENGUASAAN MATA KULIAH DASAR KEPENDIDIKAN (MKDK) TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Hesti Lutviana, 7101418127 (2022) PENGARUH MINAT MENJADI GURU, KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL, DAN PENGUASAAN MATA KULIAH DASAR KEPENDIDIKAN (MKDK) TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418127 - Hesti Lutviana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kesiapan mengajar merupakan keadaan yang diperlukan seseorang untuk dapat melaksanakan seluruh sistem proses belajar mengajar beserta seluruh risiko yang akan dihadapinya untuk mencapai tujuan. Hasil angket awal di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang menunjukkan hasil bahwa kesiapan mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2018 dalam kategori tidak siap sebesar 63,3%. Tujuan penelitan ini yaitu untuk menganalisis pengaruh minat menjadi guru, kemampuan interpersonal, dan penguasaan mata kuliah dasar pendidikan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa calon guru Pendidikan Ekonomi angkatan 2018 Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitan ini yaitu mahasiswa calon guru Pendidikan Ekonomi angkatan 2018 Universitas Negeri Semarang yang berjumlah 329 mahasiswa. Jumlah sampel sebanyak 180 mahasiswa dengan menggunakan teknik sampel yaitu proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis uji hipotesis, dan analisis koefisien determinasi dengan menggunakan program IBM SPSS 25. Hasil persamaan regresi linier berganda menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat menjadi guru terhadap kesiapan mengajar dengan nilai koefisien sebesar 0,335; (2) terdapat pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal terhadap kesiapan mengajar dengan nilai koefisien sebesar 0,104; (3) terdapat pengaruh posistif dan signifikan penguasaan MKDK terhadap kesiapan mengajar dengan nilai koefisien sebesar 0,352; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat menjadi guru, kemampuan komunikasi interpersonal, dan penguasaan MKDK terhadap kesiapan mengajar dengan nilai Fhitung sebesar 31,474 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial minat menjadi guru, kemampuan komunikasi interpersonal, dan penguasaan MKDK terhadap kesiapan mengajar. Saran dalam penelitian ini mahasiswa diharapkan mampu: (1) meningkatkan kesiapan mengajar dengan cara menguasai teori dan praktik pembelajaran dasar kependidikan; (2) meningkatkan minat menjadi guru dengan cara mengikuti seminar bertema pendidikan dan mengikuti pengabdian dalam hal pendidikan; (3) meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal dengan cara mengikuti berbagai organisasi; (4) meningkatkan penguasaan MKDK dengan cara mengikuti pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Mengajar, Minat Menjadi Guru, Kemampuan Komunikasi Interpersonal, Penguasaan Mata Kuliah Dasar Kependidikan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:56
Last Modified: 31 Jan 2023 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55788

Actions (login required)

View Item View Item