PENGARUH DISKON, E-LIFESTYLE DAN SOCIAL MEDIA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MELALUI SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE ( Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018 )


Rika Maya Sholikah, 7101418113 (2022) PENGARUH DISKON, E-LIFESTYLE DAN SOCIAL MEDIA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MELALUI SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE ( Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018 ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418113 - Rika Maya Sholikah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berkembangnya teknologi membuat sebagian besar mahasiswa akan dengan mudah untuk mencari dan menemukan informasi yang didapatkannya melalui intenet dan media media elektronik dan dengan mudah berkembang mengikuti trend yang ada saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diskon, e-lifestyle, dan social media terhadap perilaku konsumtif melalui self control sebagai variabel intervening pada mahasiswa pengguna e-commerce shopee. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa pengguna e-commerce Shopee Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 288 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik Accidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Alat bantu yang digunakan untuk mengolah data adalah IBM SPSS Statistic 25 dan Path Analysis untuk uji hubungan kausalitas. Hasil analisis deskriptif, kategori variabel perilaku konsumtif, diskon, elifestyle,dan social media termasuk kedalam kategori tinggi, sedangkan variabel self control termasuk kedalam kategori cukup tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa diskon berpengaruh positif dan signifkan terhadap perilaku konsumtif. Elifestyle berpengaruh positif dan signifkan terhadap perilaku konsumtif. Social Media berpengaruh positif dan signifkan terhadap perilaku konsumtif. Self Control berpengaruh negatif dan signifkan terhadap perilaku konsumtif. Diskon berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap self control. E-Lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap self control. Social Media berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap self control.Self Control tidak memediasi diskon terhadap perilaku konsumtif. Self Control memediasi e-lifestyle terhadap perilaku konsumtif. Self Control tidak memediasi social media terhadap perilaku konsumtif. Saran dalam penelitian ini diharapkan mahasiswa pengguna e-commerce Shopee dapat mengetahui perilaku konsumtif yang terdapat dalam diri, menggunakan internet dan social media dengan baik, melakukan pembelian secara rasional dan melakukan kegiatan yang positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Diskon, E-Lifestyle, Social Media, Perilaku Konsumtif, Self Control.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:53
Last Modified: 31 Jan 2023 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55786

Actions (login required)

View Item View Item