PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU, SELF EFFICACY, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MENJADI GURU MELALUI MOTIVASI MENJADI GURU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Rika Indriyani, 7101418058 (2022) PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU, SELF EFFICACY, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MENJADI GURU MELALUI MOTIVASI MENJADI GURU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418058_Rika Indriyani - Rika Indriyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Minat menjadi guru merupakan suatu ketertarikan dan keinginan seseorang terhadap profesi guru yang ditunjukkan dengan adanya rasa senang dan perhatian yang lebih terhadap profesi guru dari dalam diri seseorang tersebut tanpa adanya orang lain yang menyuruh. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi profesi guru, self efficacy, dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat menjadi guru melalui motivasi menjadi guru sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang sebanyak 349 mahasiswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 186 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi profesi guru dan status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh tidak berpengaruh positif terhadap minat menjadi guru. Self efficacy berpengaruh secara positif terhadap minat menjadi guru. Motivasi menjadi guru berpengaruh secara positif terhadap minat menjadi guru. Persepsi profesi guru, self efficacy, dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif terhadap motivasi menjadi guru. Persepsi profesi guru, self efficacy, dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap minat menjadi guru melalui motivasi menjadi guru. Simpulan penelitian ini adalah motivasi menjadi guru mampu memberikan pengaruh positif persepsi profesi guru, self efficacy, dan status sosial ekonomi orangtua terhadap minat menjadi guru Saran yang diberikan yaitu mahasiswa hendaknya lebih aktif dan terus menggali pengetahuan mengenai profesi guru seperti hak dan kewajiban guru serta mengikuti kegiatan yang mampu meningkatkan kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan sebagai calon guru seperti seminar kependidikan, workshop kurikulum, dan pelatihan pembelajaran kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Profesi, Self Efficacy, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Minat Menjadi Guru, Motivasi Menjadi Guru.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:40
Last Modified: 31 Jan 2023 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55784

Actions (login required)

View Item View Item