PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA, DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KETERLIBATAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2019


Sri Rosalinda Dewi, 7101418013 (2022) PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA, DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KETERLIBATAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418013 - Sri Rosalinda Dewi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Keterlibatan Mahasiwa merupakan keterlibatan atau partisipasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran baik di kelas atau di luar kelas. Keterlibatan Mahasiswa berperan penting dalam kegiatan perkuliahan mahasiswa. Hasil study pendahuluan pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Angkatan 2019 menunjukkan hasil bahwa keterlibatan mahasiswa berada dalam kategori cukup. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis Pengaruh Dukungan Orang Tua, Dukungan Teman Sebaya dan Efikasi Diri Terhadap Keterlibatan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2019 yang berjumlah 349 mahasiswa. Jumlah sampel sebanyak 186 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan menggunakan area/cluster sampling. Teknik pengumpulan yaitu menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda, statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis uji hipotesis dan analisis koefisien determinasi dengan menggunakan program IBM SPSS 25. Hasil persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini menunjukkan: (1) adanya pengaruh yang positif dan signifikan dukungan orang tua, dukungan teman sebaya dan efikasi diri terhadap keterlibatan mahasiswa sebesar 5,140; (2) adanya pengaruh yang positif dan signifikan dukungan orang tua terhadap keterlibatan mahasiswa sebesar 0,314; (3) adanya pengaruh yang positif dan signifikan dukungan teman sebaya terhadap keterlibatan mahasiswa sebesar 0,308; (4) adanya pengaruh yang positif dan signifikan efikasi diri terhadap keterlibatan mahasiswa sebesar 0,244. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan orang tua, dukungan teman sebaya dan efikasi diri mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan baik secara simultan atau parsial terhadap keterlibatan mahasiswa. Saran dalam penelitian ini diharapkan mahasiswa mampu: (1) meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan cara mengikuti kegiatan organisasi secara kooperatif dan disiplin; (2) meningkatkan dukungan orang tua dengan cara berkomunikasi rutin dengan orang tua; (3) meningkatkan dukungan teman sebaya dengan cara menumbuhkan sikap saling mendukung antar mahasiswa seperti memberikan saran atau masukan; (4) meningkatkan efikasi diri dengan cara mengatur waktu untuk belajar dan berprestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Mahasiswa, Dukungan Orang Tua, Dukungan Teman Sebaya, Efikasi Diri.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:20
Last Modified: 31 Jan 2023 02:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55779

Actions (login required)

View Item View Item