PENGARUH LATIHAN TEKNIK PASSING BAWAH MENGGUNAKAN MEDIA TONGKAT PADA SISWA EKSTRA BOLA VOLI PUTRI SMK PELITA NUSANTARA 1 SEMARANG


Oktavasius Kirung, 6101418191 (2022) PENGARUH LATIHAN TEKNIK PASSING BAWAH MENGGUNAKAN MEDIA TONGKAT PADA SISWA EKSTRA BOLA VOLI PUTRI SMK PELITA NUSANTARA 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101418191 - Oktavasius kirung(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagian besar siswa banyak yang belum bisa dalam teknik passing bawah bola voli. sehingga sasaran tidak sesuai dengan arah tujuan maka dari melalui pendekatan media tongkat dapat meningkatkan kemampuan Passing bawah bola voli pada Siswa ekstra bola voli Putri SMK Pelita Nusantara 1 Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain “two groups pre-test-post-test design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putri yang mempunyai karakteristik yang sama. Subjek penelitian ini adalah siswa ekstra bola voli Putri SMK Pelita Nusantara 1 Semarang yang berjumlah 18 siswa. Data hasil belajar Passing bawah bola voli diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pelatihan. Hasil penelitian ini diperoleh data hasil nilai tes siswa .Dari hasil penilaian tersebut, terdapat pengaruh yang signifikan latihan passing bawah menggungkan tongkat terhadap ketepatan passing bawah bagi siswa perempuan, dengan nilai signifikansi p 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan latihan passing bawah tanpa alat terhadap ketepatan passing bawah siswa perempuan, dengan nilai signifikansi p 0,000 < 0,05. (3) Latihan passing bawah menggunakan alat lebih baik secara signifikan daripada latihan passing bawah tanpa alat terhadap ketepatan passing bawah bagi siswa perempuan, meskipun ada selisih rata-rata posttest sebesar 2,33, lebih besar yang menggunakan alat tongkat, tetapi tidak berbeda secara signifikan (sig p 0,129 > 0,05). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa melalui media tongkat dapat meningkatkan penguasaan teknik passing bawah bola voli pada siswa ekstra bola voli Putri SMK Pelita Nusantara 1 Semarang. Bagi pelatih voli dapat menerapkan pelatihan dengan pendekatan media latihan dengan berbagai sasaran dalam pelatihan khususnya pada gerak dasar Passing bawah bola voli, saran untuk pelatih hendaknya terus berusaha untuk meningkatkan dalam mengembangkan materi serta dalam mengelolah pelatihan siswa, sehingga kualitas pelatihan passing bawah yang dilaksanakannya dapat terus meningkat seiring dengan peningkatan kemampuan yang dimiliki para siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Passing Bawah, Bola voli, Media Tongkat, Siswa Putri.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:15
Last Modified: 31 Jan 2023 02:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55773

Actions (login required)

View Item View Item