PENGARUH PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MTs SATU ATAP RAUDHOTUT THOLIBIN KEMBARAN BANYUMAS


Ibnu Muhajirin, 7101415270 (2022) PENGARUH PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MTs SATU ATAP RAUDHOTUT THOLIBIN KEMBARAN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101415270 - Ibnu Muhajirin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Prestasi belajar merupakan tolak ukur yang utama untuk mengetahui keberhasilan belajar seseorang dalam masing-masing mata pelajaran yang diajarkan. Prestasi belajar siswa di pengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, seperti pembiayaan pendidikan dan perhatian orang tua. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mencari tahu adakah pengaruh pembiayaan pendidikan dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa MTs Satu Atap Raudhotut Tholibin Kembaran Banyumas, baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa MTs Satu Atap Raudhotut Tholibin Kembaran Banyumas tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 89 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket atau kuesioner yang digunakan untuk mengumpulkan data pembiayaan pendidikan dan perhatian orang tua dan dokumentasi untuk mengumpulkan data nilai siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi IBM Statistic SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pembiayaan pendidikan terhadap prestasi belajar siswa yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan pembiayaan pendidikan terhadap prestasi belajar siswa MTs Satu Atap Raudhotut Tholibin Kembaran Banyumas sebesar 4,45%. Semakin tinggi pembiayaan pendidikan maka prestasi belajar siswa MTs Satu Atap Raudhotut Tholibin Kembaran Banyumas akan meningkat. Terdapat pengaruh antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa MTs Satu Atap Raudhotut Tholibin Kembaran Banyumas 5,24%. Semakin tinggi perhatian orang tua maka prestasi belajar siswa MTs Satu Atap Raudhotut Tholibin Kembaran Banyumas akan meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif pembiayaan pendidikan dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa MTs Satu Atap Raudhotut Tholibin Kembaran Banyumas Tahun Ajaran 2022/2023 baik secara simultan maupun parsial. Saran yang dapat diberikan orang tua sebaiknya terus memberikan dukungan baik secara material yaitu dalam hal pembiayaan pendidikan maupun non material seperti dalam hal meningkatkan intensitas perhatian kepada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan pendidikan, Perhatian orang tua dan prestasi belajar siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:02
Last Modified: 31 Jan 2023 02:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55771

Actions (login required)

View Item View Item