PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KOMPENSASI, DAN KOMPETENSI PERANGKAT DESA MELALUI VARIABEL INTERVENING KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA SE-KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS


Dwi Sukmarini Suparman, 7101415160 (2022) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KOMPENSASI, DAN KOMPETENSI PERANGKAT DESA MELALUI VARIABEL INTERVENING KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA SE-KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101415160 - Dwi Sukmarini.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Desa merupakan struktur pemerintahan yang memiliki ruang lingkup otonomi paling luas sebagai ujung tombak pelaksanaan program-program pemerintah. Oleh sebab itu, maka mutlak apabila kemampuan sumber daya manusia pada organisasi pemerintahan desa harus dipersiapkan untuk meningkatkan kinerjanya dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. Berdasarkan observasi awal dengan beberapa perangkat desa di kecamatan Undaan masih ditemukan masalah kinerja perangkat desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh variabel komitmen organisasi, kompensasi dan kompetensi terhadap kinerja perangkat desa secara langsung, dan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi, kompensasi dan kompetensi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 135 perangkat desa dengan jumlah sampel sebanyak 101 orang dari 16 desa yang dihitung dengan rumus slovin. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara. Metode analisis data penelitian ini menggunakan path analysis dengan signifikansi sebesar 5%, deskriptif persentase, dan uji sobel dengan alat analisis IBM SPSS Statistics 25. Hasil perhitungan data diperoleh persamaan regresi model I yaitu Y = 2,283 + 0,049X1 + 0,0265X2 + 0,0241X3 + 0,387 I + 0,320 dan persamaan regresi model II yaitu I = 8,539 + 0,640X1 + 0,1885X2 + 0,390X3 + 0,358. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa komitmen organisasi tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja perangkat desa, sedangkan kompensasi, kompetensi dan kepuasan kerja berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kinerja perangkat desa. Selanjutnya, komitmen organisasi, kompensasi dan kompetensi perangkat desa berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja. Hasil pengaruh mediasi menunjukkan komitmen organisasi, kompensasi dan kompetensi perangkat desa berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kinerja perangkat desa melalui kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat satu hipotesis yang di tolak dan sembilan hipotesis yang diterima. Saran dari penelitian ini adalah (1) Sebaiknya pemerintah maupun dinas terkait lebih memperhatikan akan kompensasi para perangkat desa khususnya insentif non finansial yaitu dapat berupa penghargaan (reward), pujian dan motivasi, sehingga perangkat desa akan lebih terpacu dalam melaksanakan pekerjaanya dengan baik (2) instansi perlu mengadakan pelatihan pengoperasian komputer yang dibantu oleh profesional trainer setiap sebulan sekali bagi perangkat desa (3) perangkat desa disarankan membuat perencanaan anggaran belanja untuk mengelola pengeluaran yang disesuaikan dengan pendapatan yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komitmen Organisasi, Kompensasi, Kompetensi, Kepuasan Kerja dan Kinerja Perangkat Desa.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:54
Last Modified: 31 Jan 2023 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55770

Actions (login required)

View Item View Item