PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN “PACUAN KUDA” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS 7 SMP TUNAS HARUM BANGSA


Khusnul Khotimah, 2404418032 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN “PACUAN KUDA” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS 7 SMP TUNAS HARUM BANGSA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2404418032 - Khusnul Khotimah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh kurangnya pemilihan media pembelajaran pada siswa kelas 7 SMP Tunas Harum Bangsa, serta dalam penggunaan media yang dipakai secara berulang-ulang sehingga menjadikan siswa merasa cepat bosan dalam belajar bahasa Mandarin. Selain itu juga diperlukan pengembangan media yang lebih kreatif dan inovatif. Siswa memerlukan media pembelajaran permainan karena media permainan bisa menambah semangat belajar agar siswa menjadi tidak bosan saat belajar. Berdasarkan hasil observasi siswa kelas 7 SMP Tunas Harum Bangsa mengalami kesulitan dalam berbicara bahasa Mandarin karena belum adanya media yang mendukung untuk berlatih kemampuan berbicara siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berusaha untuk mengembangkan media permainan berupa Permainan Pacuan Kuda untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 7 SMP Tunas Harum Bangsa. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1.) Mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru terhadap media pembelajaran permainan Pacuan Kuda untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa mandarin pada siswa SMP Tunas Harum Bangsa, 2.) Mendeskripsikan prosedur pengembangan media permainan Pacuan Kuda untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa SMP Tunas Harum Bangsa, dan 3.) Mendeskripsikan hasil validasi ahli terhadap media permainan Pacuan Kuda untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa SMP Tunas Harum Bangsa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan lima tahapan, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi desain. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh rata-rata 8,7 dengan skor 4 yang berarti media sangat layak untuk digunakan, sedangkan hasil validasi oleh ahli media memperoleh rata-rata 8,7 dengan skor 4 yang berarti bahwa media permainan pacuan kuda sangat layak untuk digunakan. Media kemudian diperbaiki sesuai dengan saran perbaikan yang telah diberikan para ahli dalam aspek-aspek tertentu

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan media, pacuan kuda, berbicara, bahasa Mandarin
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:01
Last Modified: 31 Jan 2023 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55769

Actions (login required)

View Item View Item