PENGEMBANGAN MEDIA BALOK KATA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA SISWA KELAS 6B SD TUNAS HARUM BANGSA


Amartya Elang Permata Wardhana, 2404418025 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BALOK KATA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA SISWA KELAS 6B SD TUNAS HARUM BANGSA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2404418025 - Amartya Elang Permata Wardhana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan dengan hasil observasi media pembelajaran di SD Tunas Harum Bangsa masih kurang dan sering menggunakan media yang berulang-ulang yang menjadikan siswa mudah bosan dalam pembelajaran kosakata bahasa mandarin. Untuk meningkatkan siswa menguasai kosakata bahasa mandarin diperlukan media yang kreatif dan inovatif. Dengan adanya media pembelajaran yang menarik akan membuat siswa seperti belajar sambil bermain. Media pembelajaran tidak semuanya bisa digunakan untuk belajar sambil bermain. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media yang berupa balok kata. Tujuan penelitian ini, yaitu 1) Menganalisis kebutuhan siswa terhadap media balok kata untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas 6B SD Tunas Harum Bangsa, 2) Mendeskripsikan prosedur pengembangan media balok kata untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas 6B SD Tunas Harum Bangsa, dan 3) Mendeskripsikan validasi para ahli terhadap media Pembelajaran balok kata untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas 6B SD Tunas Harum Bangsa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan lima tahapan, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi desain. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, menunjukkan bahwa siswa menerima adanya pengembangan media baru yang kreatif dan inovatif yang setiap sisi terdapat kosakata yang sedang dipelajari. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan nilai rata-rata 87,5 dengan skor 4 yang dikatakan media sangat layak digunakan, sedangkan hasil validasi materi mendapatkan nila rata-rata 88 dengan skor 4 yang termasuk dalam kategori sangat sesuai untuk digunakan. Setelah itu, media diperbaiki sesuai dengan saran yang diberikan oleh para ahli pada aspek tampilan media.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media, Balok Kata, kosakata, bahasa Mandarin
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:46
Last Modified: 31 Jan 2023 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55767

Actions (login required)

View Item View Item