PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH KELOMPOK TANI DAHLIA MELALUI PERTANIAN PERKOTAAN (URBAN FARMING) DI KELURAHAN PEDALANGAN KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG


Dede Suherman, 3301415019 (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH KELOMPOK TANI DAHLIA MELALUI PERTANIAN PERKOTAAN (URBAN FARMING) DI KELURAHAN PEDALANGAN KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301415019 - Dede suherman.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan tugas utama pemerintah. Pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan melalui pertanian perkotaan sebagaimana yang dilakukan oleh Kelompok Tani Dahlia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) upaya pemberdayaan masyarakat melalui pertanian perkotaan oleh Kelompok Tani Dahlia di Kelurahan Pedalangan. (2) faktor pendukung dalam upaya pemberdayaan masyarakat melalui pertanian perkotaan oleh Kelompok Tani Dahlia di Kelurahan Pedalangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang dilakukan pada Kelompok Tani Dahlia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Terdapat dua sumber data yaitu primer dan sekunder. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman wawancara, alat dokumentasi dan lembar observasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya pemberdayaan masyarakat oleh Kelompok Tani Dahlia dilakukan dengan tiga cara yaitu: Bantuan dana dan sarana pertanian, pelatihan dan penyuluhan. Disamping itu kelompok tani dahlia juga melaksankan program kerja yaitu: (1) Budidaya berbagai macam tanaman baik yang dibudidayakan di demplot (demonstration plot) ataupun di pekarangan (2) Budidaya ikan lele (3) Pelatihan yang meliputi: pelatihan budidaya ikan lele, pelatihan olahan produk hasil pertanian dan perikanan serta pelatihan pemanfaatan tanah pekarangan. Upaya pemberdayaan melalui pertanian perkotaan tersebut memberi dampak positif, baik secara ekonomis maupun ekologis. Faktor pendukung pemberdayaan masyarakat yang berasal dari dalam (internal) yaitu: latar belakang pengurus dan anggota Kelompok Tani Dahlia berupa pendidikan yang tinggi dan profesi yang strategis, semangat dan komitmen pengurus dan anggota Kelompek Tani Dahlia dan kemampuan berjejaring. Faktor yang berasal dari luar (eksternal) yaitu adanya dukungan dari pemerintah dan pihak ketiga. Saran, perlu adanya pengawasan secara intensif terhadap alokasi dana bantuan pertanian oleh Kelompok Tani Dahlia. Kelompok Tani Dahlia dapat dijadikan sebagai sarana percontohan (role model) bagi pemerintah terutama dalam upaya pemberdayaan melalui pertanian perkotaan. Kelompok Tani Dahlia perlu melakukan rekruitmen anggota usia muda demi kepentingan regenerasi mengingat pengurus dan anggota Kelompok Tani Dahlia mayoritas berusia lanjut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Pertanian Perkotaan, Kelompok Tan
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 30 Jan 2023 08:21
Last Modified: 01 Feb 2023 04:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55763

Actions (login required)

View Item View Item