ANALISIS FUNGSI DAN MAKNA KATA INTERJEKSI BAHASA MANDARIN DALAM ANIMASI MO DAO ZU SHI KARYA MO XIANG TONG XIU


Narissa, 2404418024 (2022) ANALISIS FUNGSI DAN MAKNA KATA INTERJEKSI BAHASA MANDARIN DALAM ANIMASI MO DAO ZU SHI KARYA MO XIANG TONG XIU. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2404418024 - Narissa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Animasi Mo Dao Zu Shi adalah salah satu animasi fantasi yang dibuat oleh Mo Xiang Tong Xiu, animasi dua dimensi yang berlatar dunia spiritual yang dikemas dengan suasana menarik, unik, menyenangkan, dengan perpaduan bahasa dan suara yang tepat. Kata interjeksi adalah kata atau ekspresi yang muncul sebagai ucapan sendiri dan mengungkapkan perasaan atau reaksi spontan. Dalam penelitian ini peneliti melakukan analisis untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kata interjeksi bahasa mandarin yang terdapat dalam animasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengidentifikasi kata interjeksi Bahasa Mandarin yang ada dalam Animasi Mo Dao Zu Shi karya Mo Xiang Tong Xiu. (2). Untuk mendeskripsikan fungsi dan makna kata interjeksi Bahasa Mandarin dalam animasi Mo Dao Zu Shi karya Mo Xiang Tong Xiu. Penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian skripsi ini adalah menggunakan cara menyumak dan mencatat. Hasil dari penelitian skripsi ini adalah (1). Hasil mengidentifikasi kata interjeksi Bahasa Mandarin dalam animasi Mo Dao Zu Shi karya Mo Xiang Tong Xiu adalah sebagai berikut kata interjeski yang ditemukan dalam animasi ini sebanyak 23 kata interjeksi yang terdiri dari 嗯 èn, 喂 Wèi, 哎 Āi, 哦 Ó, 哼 Hēng, 啊 A, 唉 Āi, 哎呀 Āiyā, 呵 ā, 哟 Yō, 喏 nuò, 咦 Yí, 嚯 Huò, 呸 Pēi, 呀 Ya, 嘿 Hēi, 嘘 Xū, 喂喂 Wèiwèi, 嗨呀 Hāiya, 哼哼 Hēnghēng, 哎哟 Āiyō, 嗯嗯 ènèn, 啊哟 Ayō. (2). Hasil mendeskripsikan fungsi dan makna kata interjeksi Bahasa Mandarin dalam animasi Mo Dao Zhu Shi karya Mo Xiang Tong Xiu adalah sebagai berikut fungsi dan makna kata yang digunakan dalam animasi Mo Dao Zu Shi ini terdapat 57 makna kata interjeksi, dengan makna kata terbanyak yaitu makna kata terkejut, dengan jumlah 20 makna kata yang digunakan dan makna kata yang hanya sekali di ucapkan terdapat 33 makna kata, diantaranya adalah makna kata takut, bangga dan menghina.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Interjeksi, Bahasa Mandarin, Animasi Mo Dao Zu Shi.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:29
Last Modified: 30 Jan 2023 07:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55762

Actions (login required)

View Item View Item