ANALISIS GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU ALBUM KICK BACK (MIJING) KARYA WAYV (WEISHENV)


Anes Desti Safitri, 2404418019 (2022) ANALISIS GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU ALBUM KICK BACK (MIJING) KARYA WAYV (WEISHENV). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2404418019 - Anes Desti Safitri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Gaya bahasa merupakan susunan kata dan kalimat oleh penulis sebagai pengungkapkan pikiran, ide, serta pengalaman mereka untuk membujuk atau mempengaruhi pendengar atau pembaca. Penggunaan gaya bahasa dapat ditemukan dalam lagu, salah satu lagu yang populer pada tahun 2021 dengan menggunakan bahasa asing khususnya bahasa Mandarin adalah lagu karya WayV. Pada album WayV tersebut penulis mencurahkan segala emosional dan memberikan sebuah motivasi kepada pendengarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya bahasa yang digunakan, makna gaya bahasa yang digunakan dan gaya bahasa yang sering ditemui. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan teknik catat. teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Pada model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan validitas semantis sebagai uji validitas, menggunakan teknik expert-judgment dan menggunakan teknik intrarater. Hasil analisis yang dicapai pada penelitian ini terdapat pada tiga lirik lagu karya WayV《威神 V》wēishénV dalam album Kick Back 《秘境》mìjìng, terdapat 7 jenis gaya bahasa yaitu perumpamaan ( 比 喻 Bǐyù) 12 data, personifikasi(比拟 Bǐnǐ) 2 data, metonimia/Sinekdoke(借代 Jièdài) 1 data,拈连 (Niānlián) 1 data, paralelisme(对偶 Duì'ǒu) 1 data,对比(Duìbǐ) 2 data, dan 反问 (Fǎnwèn) 1 data. Makna gaya bahasa yang digunakan dalam ketiga lagu pada album Kick Back 《秘境》mìjìng adalah makna konotatif serta gaya bahasa dominan adalah gaya bahasa perumpamaan (比喻 Bǐyù) .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lirik lagu, gaya bahasa, makna
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:10
Last Modified: 30 Jan 2023 07:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55761

Actions (login required)

View Item View Item