PENGEMBANGAN MEDIA LEARNING BINDER TEMA WARNA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA SISWA SEKOLAH DASAR PANGUDI LUHUR BERNARDUS SEMARANG


Annriela Ernest Meivita, 2404418008 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA LEARNING BINDER TEMA WARNA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA SISWA SEKOLAH DASAR PANGUDI LUHUR BERNARDUS SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2404418008 - Annriela Ernest Meivita.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Mandarin merupakan salah satu mata pelajaran yang terdapat di SD Pangudi Luhur Bernardus dan sudah diajarkan dari mulai kelas 2 hingga kelas 6. Pada saat kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, guru hanya mengajarkan dengan media papan tulis, flashcard dan dibuku panduan. Dengan panduan buku ini saja tidak cukup membuat siswa menjadi paham tentang pembelajaran yang sedang dipelajari, sebagai guru harus mengembangkan media agar menarik siswa dalam belajar Bahasa Mandarin sesuai dengan misi sekolah point satu yaitu menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran yang menarik, unik dan dapat digunakan untuk belajar maupun bermain sehingga dapat menunjang daya tarik siswa pada kegiatan belajar – mengajar di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskrikrisikan hasil analisis kebutuhan siswa Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus Semarang terhadap media pembelajaran Learning Binder tema warna, mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran Learning Binder tema warna, mendeskripsikan hasil validasi para ahli terhadap media pembelajaran Learning Binder tema warna untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan produk. Lokasi penelitian ini yaitu di Sekolah Dasar PL Bernardus Semarang. Objek dalam penelitian ini guru bahasa Mandarin SD PL Bernardus Semarang dan 20 siswa SD PL Bernardus Semarang. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, angket/kuisioner dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebutuhan akan media pembelajaran baru khususnya untuk pembelajaran kosakata bahasa Mandarin tema warna di SD PL Bernardus sangat perlu dikembangkan mengingat banyak siswa yang kesulitan dalam mengingat kosakata, maka dari itu sangat diperlukan pengembangan media yang efektif untuk meningkatkan minat dan antusias siswa. Hasil validasi oleh ahli materi mendapat nilai rata-rata keseluruhan 87.4 dengan skor 4 yang berarti media sangat layak digunakan, sedangkan hasil validasi oleh ahli media mendapat nilai rata-rata keseluruhan 84.9 dengan skor 3 yang berarti media layak digunakan. Media Learning Binder dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan kemudian diperbaiki sesuai saran perbaikan yang diberikan para ahli pada aspek�aspek tertentu

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media, Learning Binder, kosakata, bahasa Mandarin
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Jan 2023 06:55
Last Modified: 30 Jan 2023 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55759

Actions (login required)

View Item View Item