PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE SHIO (生肖) UNTUK ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL RINGAN (MILD) DALAM KECAKAPAN ABAD XXI: CRITICAL THINKING


Bunga Kumala Dewi, 2404418007 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE SHIO (生肖) UNTUK ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL RINGAN (MILD) DALAM KECAKAPAN ABAD XXI: CRITICAL THINKING. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2404418007 - Bunga Kumala Dewi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berdasar pengalaman mengajar selama 3 bulan melalui program Kampus Mengajar I di sekolah Inklusi SD Suryo Bimo Kresno, peneliti menemukan permasalahan yakni, kelas rendah di SD tersebut mengalami kesulitan dalam kemampuan kognitif (berpikir kritis), mengalami gangguan pada motorik halus dan persepsi visual, yang menyebabkan mereka mengalami gangguan dalam mengingat dan membedakan berbagai objek yang dilihatnya, mereka juga kurang cakap dalam memikirkan hal-hal yang bersifat abstrak serta kurang optimalnya guru dalam memanfaatkan media pembelajaran, karena masih menggunakan media pembelajaran bersifat konvensional yang terkesan monoton dan kurang adanya inovasi. Berdasar permasalahan tersebut, penelitian ini berupaya mengembangkan media berupa puzzle bertema Shio yang merupakan unsur kebudaayan Tiongkok dengan urutan 12 binatang, dari kegiatan mengurutkan dan menyusun kepingan puzzle dapat melatih cara berpikir kritis yang merupakan salah satu aspek kognitif dan salah satu bagian dari kecakapan abad XXI yang perlu dikembangkan, guna menemukan solusi untuk penyelesaian masalah, dimodifikasi dengan playdough untuk melatih motorik halus, dan didesain dengan outline yang mirip dengan bentuk aslinya guna persepsi visual. Tujuan penelitian ini yakni, (1) Mendeskripsikan analisis kebutuhan guru dan anak disabilitas intelektual ringan, (2) Mendeskripsikan hasil prototipe media puzzle Shio yang dimodifikasi dengan playdough, (3) Mendeskripsikan hasil analisis validasi ahli terhadap pengembangan media puzzle Shio yang dimodifikasi dengan playdough untuk meningkatkan kemampuan kognitif (berpikir kritis), mengingat, motorik halus, dan persepsi visual di kelas rendah SD Suryo Bimo Kresno. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan lima tahapan, yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, dan (5) Revisi desain. Berdasar hasil analisis kebutuhan (1) Menunjukkan bahwa pendidik mendukung adanya pengembangan media yang kreatif, inovatif dan efektif, sedangkan berdarsar hasil analisis kebutuhan yang dilakukan kepada siswa kelas rendah menunjukkan bahwa mereka sangat membutuhkan media puzzle Shio guna meningkatkan kemampuan kognitif (berpikir kritis), mengingat, motorik halus, dan persepsi visual mereka. (2) Hasil validasi oleh ahli materi mendapat nilai rata�rata keseluruhan 92,4 dengan skor 4 yang berarti media sangat layak untuk digunakan, sedangkan hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran berbentuk puzzle Shio mendapat nilai rata - rata keseluruhan 87,4 dengan skor 4 yang berarti media sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Puzzle Shio, Anak Disabilitas Intelektual Ringan, Kecakapan Abad XXI: Berpikir kritis.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Jan 2023 06:47
Last Modified: 30 Jan 2023 06:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55758

Actions (login required)

View Item View Item