ANALISIS NILAI MORAL DALAM FILM THE UNBEATABLE KARYA MENG YUAN


Selma Aulia, 2404418005 (2022) ANALISIS NILAI MORAL DALAM FILM THE UNBEATABLE KARYA MENG YUAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2404418005 - Selma Aulia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Film The Unbeatable karya Meng Yuan, adalah film yang sangat erat kaitannya dengan nilai moral yang peneliti kaji. Nilai moral adalah nilai yang mendorong manusia untuk berbuat atau melakukan sesuatu, dan merupakan sumber motivasi yang cenderung mampu mengatur dan membatasi tindakan manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan dari penelitian ini, yaitu mendeskripsikan nilai moral yang terdapat dalam film The Unbeatable karya Meng Yuan berdasarkan teori konfusianisme tentang ajaran “五行” (wǔxíng) yang terdiri dari (1)仁(rén) kemanusiaan, (2)义(yì) kebenaran, (3) 礼( lǐ) kesopanan, (4) 智 (zhì) kebijaksanaan, (5) 圣(shèng) kesucian. Dalam penelitian ini peneliti melakukan analisis untuk mengidentifikasikan dan mendeskripsikan nilai moral “五行” (wǔxíng) dengan menggunakan teori Konfusianisme dalam manuskrip Guodian Chujian Yu Chu Wenhua yang terdapat dalam film tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis film tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan cara menyimak dan mencatat. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada film tersebut ditemukan hasil nilai moral 仁 (rén) kemanusiaan yang merupakan nilai moral yang paling banyak ditemukan pada film ini yang terdapat tujuh data, dan nilai moral 礼 ( lǐ) kesopanan merupakan nilai moral paling sedikit yang hanya terdapat satu data dan 智 (zhì) kebijaksanaan terdapat dua data, dan ditemukan 义(yì) kebenaran terdapat empat data , dan 圣 (shèng) kesucian terdapat empat data. Melalui proses penelitian ini, peneliti mendeskripsikan nilai moral yang baik agar tujuan yang disampaikan dapat dipahami oleh pembaca.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai moral, Konfusianisme, Sosial
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Jan 2023 06:41
Last Modified: 30 Jan 2023 06:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55757

Actions (login required)

View Item View Item