ANALISIS SUPPLY-DEMAND PENGEMBANGAN OBJEK WISATA ALAM GOA LAWA DI KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA
Lulu Nur Aminah, 3211418072 (2022) ANALISIS SUPPLY-DEMAND PENGEMBANGAN OBJEK WISATA ALAM GOA LAWA DI KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Objek wisata Goa Lawa merupakan salah satu potensi alam yang menjadi salah satu objek wisata alam yang diunggulkan serta merupakan objek wisata yang potensial untuk dikunjungi. Objek wisata Goa Lawa perlu adanya strategi pengembangan untuk menarik minat wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kondisi supply yang terdapat di objek wisata Goa Lawa Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. 2) Mengetahui karakteristik demand yang mengunjungi kawasan objek wisata Goa Lawa. 3) Menganalisis strategi yang dilakukan dalam pengembangan objek wisata Goa Lawa di Kabupaten Purbalingga. Populasi dari penelitian ini adalah wisatawan dan pengelola objek wisata Goa Lawa. Teknik pengambilan sampel untuk wisatawan menggunakan teknik insidental sampling dan untuk pengelola menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kondisi supply wisata yakni atraksi memiliki nilai 88,35% masuk kategori sangat baik. Akomodasi memiliki nilai 75,75% masuk kategori baik. Fasilitas pelayanan memiliki nilai 81,90% masuk dalam kategori sangat baik. Infrastruktur memiliki nilai 89,5% masuk dalam kategori sangat baik. Transportasi memiliki nilai 69,33% masuk dalam kategori baik. 2) Karakteristik demand wisata yakni asal wisatawan didominasi oleh wisatawan lokal Kabupaten Purbalingga sebesar 75%. Minat wisatawan didominasi memiliki minat untuk rekreasi sebesar 70%. Jumlah wisatawan dari tahun 2017- 2021 mengalami fluktuatif. Pendapatan wisata dari tahun 2017-2021 secara umum mengalami peningkatan. 3) Hasil analisis SWOT menunjukan posisi objek wisata Goa Lawa berada pada kuadran 1 yaitu strategi progresif. Saran dari penelitian ini adalah mengoptimalkan potensi objek wisata Goa Lawa dengan meningkatkan atau menambahkan atraksi baru, infarstruktur dan fasilitas pelayanan untuk memberikan rasa nyaman bagi pengunjung agar dapat memperpanjang lama tinggal wisatawan. Menguatkan pengelolaan antar lembaga terkait, mulai dari masyarakat lokal, pengelola wisata, pihak pemerintah dan pihak swasta agar tercipta kelembagaan yang profesional sehingga dapat tercipta pariwisata yang lebih baik dan berkelanjutan. Meningkatkan dan memperluas jaringan promosi dan investasi objek wisata Goa Lawa untuk meningkatkan pengembangan objek wisata Goa Lawa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supply, Demand, Strategi Pengembangan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1 |
Depositing User: | Sri Wahyuningsih |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 04:27 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 04:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55751 |
Actions (login required)
View Item |