ILUSTRASI BAHAN AJAR SENI RUPA PADA BUKU SENI BUDAYA KURIKULUM 2013 KELAS IX TERBITAN KEMENDIKBUD TAHUN 2015 (STUDI DI SMP NEGERI 1 KALIORI REMBANG)


Dwi Rahmawati, 2401417049 (2022) ILUSTRASI BAHAN AJAR SENI RUPA PADA BUKU SENI BUDAYA KURIKULUM 2013 KELAS IX TERBITAN KEMENDIKBUD TAHUN 2015 (STUDI DI SMP NEGERI 1 KALIORI REMBANG). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2401417049 - Dwi Rahmawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Melalui buku teks kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud siswa dan guru lebih dimudahkan untuk mendapatkan informasi dan diharapkan dapat membantu kegiatan dan penyelenggara pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan Nasional salah satunya adalah buku teks seni budaya. Buku teks seni budaya pada umumnya memuat ilustrasi-ilustrasi untuk melengkapi materi supaya mudah dipahami pembaca. Tetapi pada kenyataannya ilustrasi yang disediakan pada buku ajar belum sesuai dengan isi materi yang disampaikan pada buku ajar tersebut. Tujuan dari penelitian ini: (1) Mendeskripsikan visualisasi ilustrasi buku bahan ajar seni rupa pada buku Seni Budaya Kurikulum 2013 kelas IX terbitan Kemendikbud tahun 2015. (2) Menganalisis kualitas ilustrasi seni rupa pada buku seni budaya kurikulum 2013 kelas IX terbitan Kemendikbud tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mixed methods) yang merupakan perpaduan antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif untuk memperoleh data. Suatu desain yang menggunakan metode kualitatif yang digunakan untuk memperoleh data analisis visualisasi dan metode kuantitatif digunakan untuk memperoleh data analisis kualitas. Analisis visualisasi menggunakan reduksi data penyajian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian dari visualisasi ilustrasi seni rupa pada buku seni budaya kurikulum 2013 kelas IX terbitan Kemendikbud tahun 2015 terdiri dari ilustrasi sampul buku dan ilustrasi isi buku. Ilustrasi pada sampul buku menunjukkan kesesuaian dengan materi pada buku teks seni budaya. Sedangkan pada isi buku dikelompokkan menjadi 4 bagian, yaitu bab I, bab II, bab IX, dan bab X. Berdasarkan indikator kualitas yang telah dikaji sesuai dengan landasan teori, pada ilustrasi bab I dengan nilai skor 44,21 atau 86,95% dikategorikan baik, ilustrasi bab II dengan nilai skor 43,44 atau 83,25% dikategorikan baik, ilustrasi bab IX dengan nilai skor 39,10 atau 76,13% dikategorikan baik, dan ilustrasi bab X dengan nilai skor 39,23 atau 81,64% dikategorikan baik. Setelah dihitung secara keseluruhan maka hasil rata–rata kuesioner dari bab I, II, IX, dan X adalah sejumlah 61,50 atau 82% yang berarti seluruh ilustrasi yang terdapat pada bab I, II, IX, dan X tergolong kualitas baik digunakan sebagai penunjang belajar. Dari penelitian ini dapat disimpulkan (1) Buku teks ini memiliki visualisasi yang baik digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran untuk siswa dan guru, baik dari segi visualisasi yang telah dianalisis menggunakan teknik analisis kritik seni maupun kesesuaian terhadap materi buku. (2) Berdasarkan indikator dan analisis kualitas menjelaskan buku tersebut baik untuk digunakan sebagai bahan ajar. Penelitian tersebut berdasarkan analisis yang telah dikaji dengan melalui landasan teori dari beberapa sumber.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Teks, Ilustrasi, Visualisasi, Kualitas
Subjects: L Education > Special Education > Art education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:06
Last Modified: 30 Jan 2023 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55743

Actions (login required)

View Item View Item