KAJIAN KARAKTERISTIK FISIK PESISIR KAITANNYA DENGAN AKTIVITAS PERTANIAN LAHAN PASIR DI KECAMATAN SANDEN, KABUPATEN BANTUL


Muhammad Usman Zakaria, 3211418042 (2022) KAJIAN KARAKTERISTIK FISIK PESISIR KAITANNYA DENGAN AKTIVITAS PERTANIAN LAHAN PASIR DI KECAMATAN SANDEN, KABUPATEN BANTUL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211418042 - Muhammad Usman Zakaria.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Kecamatan Sanden merupakan kecamatan yang terletak di pesisir. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Menganalisis karakteristik fisik pesisir di Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, (2) Mengidentifikasi aktivitas pertanian lahan pasir di Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, (3) Menemukan keterkaitan antara karakteristik fisik pesisir kaitannya dengan aktivitas pertanian lahan pasir di Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu unit lahan hasil dari overlay dari karakteristik fisik pesisir serta petani yang beraktivitas di lahan pasir Kecamatan Sanden. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan membagi menjadi beberapa unit lahan. Hasil penelitian ini (1) Pesisir Kecamatan Sanden terdiri dari beberapa bentuklahan pesisir yaitu swale, beting gisik tua, beting gisik muda dan dataran banjir yang memiliki tanah regosol dan gleisol dengan rata-rata kemiringan 2,26% dan rata-rata ketinggian 29,86 mdpl serta memiliki air yang tawar dengan kedalaman air tanah 7,65 meter dan rata-rata pH air 7,63 (2) Aktivitas pertanian lahan pasir menghasilkan berbagai komoditas yaitu tanaman pangan, sayuran, palawija, dan buah. Pertanian lahan pasir di pesisir Kecamatan Sanden menghasilkan produktivitas pertanian Rp 14.315.225.813/ha per tahun yang terdiri dari bawang merah (36,96%), cabai rawit merah (30,96%), padi (19,74%), sawi (9,58%), ubi jalar (1,61%), kacang tanah (1,09%), kangkung (0,32%), pepaya (0,10%), bayam (0,40%) dan kacang panjang (0,40%). (3) karakteristik fisik pesisir tidak berpengaruh terhadap aktivitas pertanian lahan pasir di Kecamatan Sanden. Simpulan dari penelitian ini adalah karakteristik fisik pesisir tidak berpengaruh terhadap aktivitas pertanian lahan pasir dengan persentase pengaruh sebesar 4,5%. Saran dari penelitian ini adalah (1) Lahan pada pesisir Kecamatan Sanden dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian dengan berbagai upaya pengelolaan lahan sehingga petani perlu untuk terus berinovasi dalam pengelolaan lahan pasir sehingga dapat menghasilkan hasil yang maksimal. (2) Perlu dilakukan penelitian lanjutan secara temporal untuk meneliti mengenai pengaruh karakteristik fisik pesisir terhadap pertanian lahan pasir khususnya di Kecamatan Sanden.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Fisik Pesisir, Bentuklahan, Pertanian Lahan Pasir, Produktivitas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:55
Last Modified: 30 Jan 2023 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55742

Actions (login required)

View Item View Item