DAMPAK PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU) KARANGKANDRI TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA KARANGKANDRI KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP


Vina Wiranata, 3211418023 (2022) DAMPAK PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU) KARANGKANDRI TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA KARANGKANDRI KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211418023 - Vina Wiranata.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Desa Karangkandri merupakan lokasi utama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Karangkandri. Munculnya industri besar berpengaruh terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat. Seperti perubahan masyarakat agraris beralih pada sektor industri. Dampak adanya debu batubara yang menyebabkan masyarakat mengalami keresahan dan menimbulkan batuk-batuk. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengkaji dampak positif dan negatif terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat akibat pengaruh pembangunan PLTU. (2) Menganalisis penanganan dampak negatif dan peningkatan dampak positif akibat adanya pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi non partisipatif, dan dokumentasi. Kriteria responden dalam penelitian ini meliputi masyarakat, tokoh masyarakat, pemerintah desa, dan karyawan PLTU. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis data mengadaptasi dari Miles-Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) dampak positif akibat pembangunan adanya pekerjaan dan peningkatan pendapat, peluang kerja dan peluang usaha, peningkatan Pendidikan masyarakat, serta bantuan dari perusahaan berupa Dana CSR (Corporate Social Responbility). Sedangkan dampak negatif yang dirasakan oleh masyarakat petani dan nelayan semakin berkurang, adanya alih fungsi lahan dan permukiman dan PLTU semakin berkembang, menyempitnya lapangan pekerjaan di PLTU, debu, suara bising, dan udara yang semakin panas. (2) peningkatan dampak positif seperti peluang kerja dan usaha bagi masyarakat lokal, kepelatihan bagi kaum muda untuk bersinergi bekerja di dunia kelistrikan, dan beasiswa Pendidikan sekolah. Sedangkan penanganan dampak negatif diberikannya pekerjaan bagi petani nelayan yang terdampak secara langsung, penyemprotan air di jalan, pembuatan dermaga, dan penghijauan disepanjang jalan untuk mengurangi debu dan hawa panas. Saran yang penulis berikan untuk PLTU bekerja sama dengan pemerintah desa hendaknya meningkatkan kepelatihan bagi masyarakat dan penghijauan untuk menjaga keasrian lingkungan. Sedangkan untuk masyarakat, mampu memanfaatkan jika ada kepelatihan dan memanfaatkan peluang usaha yang ada dengan berkembangnya PLTU.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PLTU, Kondisi Sosial Ekonomi, Dampak, Pembangunan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 30 Jan 2023 01:47
Last Modified: 30 Jan 2023 01:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55733

Actions (login required)

View Item View Item