PEMBELAJARAN MOTIF UKIR PADA KELAS VII I DI MTs NEGERI 1 JEPARA


Shofan Aryansyah, 2401415047 (2022) PEMBELAJARAN MOTIF UKIR PADA KELAS VII I DI MTs NEGERI 1 JEPARA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2401410547 - shofan aryansyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Seni ukir merupakan kerajinan yang menjadi idiom Kota Jepara. Sebab itu perlu pengenalan motif ukir pada generasi muda di Jepara. Salah satunya yaitu pembelajaran motif ukir pada sekolah. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran motif ukir di MTs Negeri 1 Jepara. (2) menjelaskan dan mendeskripsikan gambar siswa dalam pembelajaran motif ukir di MTs Negeri 1 Jepara, (3) mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi pembelajaran motif ukir di MTs Negeri 1 Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data diperoleh melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu sebagai berikut: (1) Pembelajaran motif ukir secara keseluruhan tidak sesuai dengan data RPP. Mulai dari tujuan hingga penyampaian materi. Beberapa metode ada yang tidak dilakukan sesuai data RPP. Tahap pelaksanaan dilakukan 3 kali. Pertemuan 1 membahas yang berkaitan dengan materi, pertemuan 2 membuat gambar motif ukir, pertemuan 3 menggabungkan beberapa motif ukir. Tahap evaluasi mencakup 3 aspek yaitu ide, komposisi, dan kesesuaian bentuk. Ide gambar didominasi ragam hias flora, komposisi gambar didominasi keseimbangan asimetris, dan kesesuaian bentuk rata-rata menggunakan bagian motif ukir. (2) gambar siswa dalam pembelajaran motif ukir dibedakan menjadi 3 kategori yaitu: kategori sangat baik, baik dan cukup. Gambar siswa dideskripsikan berdasarkan ide, komposisi dan kesesuaian bentuk (3) faktor pendukungnya yaitu minat siswa mengikuti mata pelajaran praktik, motivasi guru dan lingkungan sekolah. Faktor penghambatnya yaitu siswa kurang percaya diri, guru melaksanakan pembelajaran tanpa merumuskan RPP, kondisi kelas kurang kondusif, lingkungan dalam mencari referensi motif ukir. Saran yang direkomendasikan adalah (1) guru diharapkan merencanakan RPP sehingga tujuan pembelajaran dan hasil bisa sesuai. (2) guru sebaiknya memberikan motivasi agar siswa percaya diri saat menggambar. (3) guru hendaknya menampilkan contoh gambar motif ukir lebih banyak kepada siswa. (4) bagi siswa diharapkan mandiri dalam mencari referensi motif ukir agar dalam proses menggambar motif ukir lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Motif Ukir
Subjects: L Education > Special Education > Art education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Jan 2023 01:23
Last Modified: 30 Jan 2023 01:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55729

Actions (login required)

View Item View Item