OPTIMISME DUA TOKOH UTAMA DALAM KOMIK LES SCHTROUMPFS NOIRS KARYA PIERRE CULLIFORD : KAJIAN TEORI OPTIMISME MARTIN SELIGMAN


Hernizha Dea Fadilla, 2311418055 (2022) OPTIMISME DUA TOKOH UTAMA DALAM KOMIK LES SCHTROUMPFS NOIRS KARYA PIERRE CULLIFORD : KAJIAN TEORI OPTIMISME MARTIN SELIGMAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2311418055 - Hernizha Dea Fadilla.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Komik Les Schtroumpfs Noirs karya Pierre Culliford adalah sebuah komik yang menggambarkan kehidupan para Les Schtroumpfs dan memiliki latar waktu pada abad ke 20. Dalam komik ini terdiri 3 cerita yang memiliki karakter utama Grand Schtroumpf dan Le Schtroumpf. Ketiga cerita tersebut menceritakan kejadian saat adanya penyakit Les Schtroumpfs Noirs, Le Schtroumpf yang ingin bisa terbang dan penculikan Le Schtroumpf oleh penyihir Gargamel. Komik Les Schtroumpfs Noirs merupakan salah satu bentuk karya sastra populer yang sarat dengan hal-hal positif yaitu optimisme. Komik ini sangat menarik untuk diteliti karena di dalam komik ini mengandung tindakan dan pesan-pesan optimisme yang dapat dijadikan inspirasi dan motivasi bagi pembaca dalam mengubah pola kehidupan untuk menjadi optimis pada kehidupan yang dilakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai optimisme dan penerapan yang dilakukan tokoh utama dalam komik Les Schtroumpfs Noirs karya Pierre Culliford. Objek material dalam penelitian ini adalah komik Les Schtroumpfs Noirs karya Pierre Culliford, sedangkan objek formal dalam penelitian ini adalah aspek-aspek optimisme mencakup Permanensi, Pervasif dan Personalisasi dengan Model ABCDE Martin Seligman. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif kemudian dilanjutkan dengan teknik analisis data isi laten dan komunikasi. Simpulan yang didapatkan setelah melakukan analisis yaitu peneliti menyimpulkan bahwa ditemukannya 26 data meliputi aspek-aspek optimisme diantaranya aspek permanensi (2 data), aspek pervasif (4 data), dan aspek personalisasi (5 data) dalam tokoh Grand Schtroumpf dan Le Schtroumpf, aspek yang paling dominan dalam komik Les Schtroumpfs Noirs adalah aspek personalisasi yaitu lima data. Penerapan nilai optimisme pada tokoh Grand Schtroumpf dan Le Schtroumpf tersebut meliputi Model ABCDE Martin Seligman yaitu adversity (3 data), belief (3 data), consequence (2 data), disputation (4 data) dan energization (3 data).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komik, Les Schtroumpfs Noirs, Optimisme
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:53
Last Modified: 27 Jan 2023 06:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55724

Actions (login required)

View Item View Item