ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM PIDATO EMMANUEL MACRON YANG BERJUDUL GUERRE EN UKRAINE : L'ALLOCUTION D'EMMANUEL MACRON EN INTÉGRALITÉ


Anisa Dita Wulandari, 2311418038 (2022) ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM PIDATO EMMANUEL MACRON YANG BERJUDUL GUERRE EN UKRAINE : L'ALLOCUTION D'EMMANUEL MACRON EN INTÉGRALITÉ. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2311418038 - Anisa Dita Wulandari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Wacana sebagai media komunikasi berwujud rangkaian ujaran lisan dan tulis, contoh wacana lisan yang umum digunakan adalah pidato. Pada pidato, penutur tentunya memiliki makna yang ingin disampaikan secara tersirat maupun tersurat. Agar dapat mengetahui makna tersebut, kita perlu mempelajari pragmatik untuk mengetahui makna berdasarkan konteks situasi dan kondisi yang terjadi. Adapun ilmu yang mengkaji lebih dalam mengenai makna dinamakan tindak tutur ilokusi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur ilokusi yang digunakan Emmanuel Macron dan mengetahui maksud yang terkandung dalam pidato Emmanuel Macron yang berjudul Guerre en Ukraine : l'allocution d'Emmanuel Macron en intégralité. Pada penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa metode simak dengan menggunakan teknik sadap sebagai teknik dasar dan teknik catat sebagai teknik lanjutan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan dengan teknik pertama menggunakan teknik pilah unsur penentu (PUP) sebagai teknik dasar dan teknik hubung banding menyamakan (HBS) sebagai teknik lanjutan. Kemudian, teknik kedua menggunakan teknik baca markah (BM). Hasil analisis data menunjukkan bahwa dalam pidatonya, Macron menggunakan seluruh bentuk tindak tutur ilokusi, yaitu 1) tindak tutur ilokusi representatif dengan tujuan untuk mengingatkan mitra tutur; 2) tindak tutur ilokusi direktif dengan tujuan untuk meminta kepada mitra tutur; 3) tindak tutur ilokusi komisif dengan tujuan untuk menjanjikan suatu hal kepada mitra tutur; 4) tindak tutur ilokusi ekspresif dengan tujuan untuk menghormati mitra tutur; 5) tindak tutur ilokusi deklarasi dengan tujuan untuk pernyataan presiden mengenai suatu hal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tindak tutur ilokusi, pidato, Emmanuel Macron
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:44
Last Modified: 27 Jan 2023 04:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55717

Actions (login required)

View Item View Item