KRITIK SOSIAL DALAM KOMIK PRANCIS LE CHAT DU RABBIN KARYA JOANN SFAR: TINJAUAN DARI PERSPEKTIF SOSIOLOGI SASTRA ALAN SWINGEWOOD


Widia Winingsih, 2311418034 (2022) KRITIK SOSIAL DALAM KOMIK PRANCIS LE CHAT DU RABBIN KARYA JOANN SFAR: TINJAUAN DARI PERSPEKTIF SOSIOLOGI SASTRA ALAN SWINGEWOOD. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2311418034 - Widia Winingsih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Komik Le Chat du Rabbin - Jérusalem d'Afrique karya Joann Sfar adalah sebuah komik yang menceritakan perjalanan pencarian kota Jerusalem di Afrika. Sub judul Jérusalem d'Afrique merupakan komik seri kelima dari sebelas seri, yang dijadikan sebuah film. Komik ini memiliki latar waktu pada tahun 1920-an. Konflik sosial pada tahun-tahun itu tampak dalam komik, seperti rasisme dengan warna kulit, anti-semitisme dan dogmatisme. Peneliti menggunakan sosiologi sastra Alan Swingewood sebagai objek formal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena sosial dan kritik sosial yang tercermin dalam komik Le Chat du Rabbin - Jérusalem d'Afrique. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif kemudian dilanjutkan dengan teknik analisis data isi laten dan komunikasi. Perspektif sosiologi sastra Alan Swingewood menemukan 4 fenomena sosial; holocaust, dogmatisme, revolusi Rusia, dan Anikonisme. Kemudian, konsep ini menemukan 3 kritik sosial; kekerasan atas nama agama, tempat yang aman bagi orang Yahudi, rasisme dan intoleransi. Simpulan yang didapatkan setelah melakukan analisis yaitu peneliti menyimpulkan bahwa komik ini menggambarkan fenomena sosial dan mengkritik kehidupan sosial pada saat itu, kemudian dikemas dalam cerita yang menarik dan humoris. Peneliti berharap penelitian ini dapat menambah pengetahuan tambahan tentang Le Chat du Rabbin dan perspektif sosiologi sastra Alan Swingewood.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komik, Kritik Sosial, Le Chat du Rabbin.
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:28
Last Modified: 27 Jan 2023 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55715

Actions (login required)

View Item View Item