ANALISIS DAYA DUKUNG ALIRAN SUNGAI COMAL SEBAGAI DESTINASI WISATA ARUNG JERAM DI KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG


Andi Bangun Setiono, 3211417073 (2022) ANALISIS DAYA DUKUNG ALIRAN SUNGAI COMAL SEBAGAI DESTINASI WISATA ARUNG JERAM DI KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211417073 - Andi Bangun Setiono.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Wisata arung jeram merupakan salah satu kegiatan rekreasi yang semakin berkembang dengan adanya potensi sungai di Indonesia yang dapat digunakan untuk arung jeram. Salah satu destinasi arung jeram tersebut adalah wisata arung jeram Sungai Comal yang berada di Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang. Arung jeram merupakan kegiatan olahraga rekreasi yang memiliki tingkat resiko tinggi (high risk), sehingga diperlukan persiapan dan pengetahuan daya dukung sungai untuk wisata arung jeram dan sistem pengelolaan wisata didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Rumusan masalah pada penelitin ini yaitu, 1) bagaimana daya dukung Sungai Comal sebagai destinasi wisata arung jeram di Kecamatan Randudongkal?, 2) bagaimana sistem pengelolaan wisata arung jeram di Kecamatan Randudongkal?. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu populasi area dan populasi manusia. Adapun metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling, dimana pengambilan sampel dilakukan berdasarkan karakteristik yang telah ditentukan. Sampel penelitian tersebut yaitu 10 titik jeram dan 100 orang responden yang terdiri dari pengelola, wisatawan, dan masyarakat. Kemudian teknik pengumpulan data dilakukan dengan interpretasi citra, survey lapangan, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) Sungai Comal memiliki daya dukung tinggi untuk wisata arung jeram dengan tingkat kesulitan sungai 3 hingga 4 yang dikategorikan cukup layak sebagai destinasi wisata arung jeram. Kemudian sungai tersebut memiliki lebar sungai yang sempit sebesar 21,6 meter dengan gradien sungai 4,32° dan kedalaman 3,6 meter. Kerawanan arung jeram yang ada di Sungai Comal yaitu adanya potensi luapan air yang dapat terjadi ketika curah hujan tinggi. 2) Operator wisata arung jeram Sungai Comal memiliki sistem pengelolaan yang sesuai dengan SOP pelayanan wisata pada aspek perencanaan, implementasi, dan monitoring evaluasi menurut Permenparekraf RI No 13 Tahun 2014 tentang persyaratan dalam penyelenggaraan usaha wisata arung jeram. Saran untuk pengelolaan wisata yaitu 1) dapat melakukan pemantauan debit sungai harian untuk memastikan keamanan sungai serta tidak melakukan pengarungan saat cuaca buruk. 2) dapat meningkatkan kualitas infrastruktur wisata serta menyediakan sarana transportasi yang lebih aman. Selain itu, pengelola dapat melakukan edukasi pelestarian lingkungan dengan melibatkan wisatawan sebagai kontribusi masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Daya Dukung Sungai, Wisata Arung Jeram Sungai Comal
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:11
Last Modified: 27 Jan 2023 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55711

Actions (login required)

View Item View Item