Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Teknik Kata Kunci dengan Media Gambar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pringapus Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2010/2011


Anggun Firdhiana , 2101407112 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Teknik Kata Kunci dengan Media Gambar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pringapus Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Teknik Kata Kunci dengan Media Gambar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pringapus Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Teknik Kata Kunci dengan Media Gambar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pringapus Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2010/2011) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis puisi siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Pringapus masih rendah. Hal ini disebabkan oleh faktor intern siswa yang mengalami kesulitan menuangkan pikiran dan perasaannya dalam bentuk puisi. Kesulitan yang dihadapi siswa itu ditandai dengan beberapa hal seperti siswa kesulitan menemukan ide, menemukan kata pertama dalam puisinya, mengembangkan ide menjadi puisi karena minimnya penguasaan kosakata. Pembelajaran menulis puisi yang cenderung masih bersifat teoretis informatif, bukan apresiatif produktif juga mempengaruhi proses kreatif siswa, sehingga mengakibatkan kemampuan apresiasi dan kemampuan mencipta siswa kurang maksimal. Peningkatan keterampilan menulis puisi perlu dilakukan dengan teknik dan media yang berdaya guna. Melalui teknik kata kunci dengan media gambar diharapkan menjadi teknik dan media yang tepat guna dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Pringapus. Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah seberapa besar peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII G SMP N 1 Pringapus setelah menggunakan teknik kata kunci dengan media gambar dan bagaimana perubahan perilaku belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis puisi siswa dan untuk mendeskripsi perubahan sikap siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Pringapus setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik kata kunci dan media gambar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Pringapus Kabupaten Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen nontes berupa pedoman observasi, catatan lapangan, catatan harian, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis datanya meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui teknik kata kunci dengan media gambar, maka nilai rata-rata siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Pringapus mengalami peningkatan. Hasil pada siklus I meningkat sebesar 67,12 dari nilai rata-rata pada kondisi awal atau tahap prasiklus sebesar 60,54. Hasil siklus II nilai rata-ratanya sebesar 75,07 yang berarti mengalami peningkatan sebesar 7,95 dari siklus I. Sikap dan perilaku siswa juga menunjukkan perubahan yang positif. Siswa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran menulis puisi melalui teknik kata kunci melalui media gambar. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik kata kunci dengan media gambar mampu meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Pringapus Kabupaten Semarang. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru hendaknya mampu memilih teknik dan media yang tepat guna dalam pembelajaran menulis puisi, seperti halnya teknik kata kunci dengan media gambar. Selain itu, guru hendaknya juga selalu membimbing siswa dalam pembelajaran menulis puisi agar siswa mampu menulis puisi dengan lebih baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Puisi,Teknik Kata Kunci,Media Gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Oct 2011 01:19
Last Modified: 25 Apr 2015 06:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5571

Actions (login required)

View Item View Item