Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Pokok Kalor Dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Tulis Tahun Pelajaran 2005/2006.

Ika Nurul Fattakhul Janah , 4201401008 (2006) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Pokok Kalor Dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Tulis Tahun Pelajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Pokok Kalor Dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Tulis Tahun Pelajaran 2005/2006.) - Published Version
Download (737Kb)

    Abstract

    Dari hasil observasi awal di SMP Negeri 1 Tulis diperoleh data sebagai berikut: pembelajaran masih cenderung bersifat tradisional yaitu dengan menekankan pada hafalan-hafalan, disamping itu sebagian besar siswa menganggap bahwa Fisika merupakan mata pelajaran yang sulit, dan juga siswa jarang praktek di laboratorium. Permasalahan-permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar Fisika kurang maksimal yang berdampak tidak tercapainya ketuntasan belajar secara klasikal maupun individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fisika materi pokok Kalor dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Pendekatan CTL memiliki tujuh komponen utama dalam pembelajarannya, yaitu: konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun pelajaran 2005/2006 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas VIII dengan jumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data tentang kondisi awal siswa diambil dari nilai pretest, hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian evaluasi (tes tertulis) kepada siswa, penilaian afektif dan psikomotorik diperoleh dari pengamatan melalui lembar observasi, data analisis kuesioner diperoleh melalui lembar kuesioner. Dari hasil penelitian diperoleh, pada siklus I rata-rata nilai tes siswa 66,88 dengan ketuntasan belajar klasikal 85%; siklus II nilai rata-rata siswa 76,88 dengan ketuntasan belajar klasikal 90%. Hasil belajar afektif siswa pada siklus I secara klasikal mencapai ketuntasan 97,5%; pada siklus II seluruh siswa telah mencapai ketuntasan dan dinyatakan tuntas 100%. Hasil belajar psikomotorik pada siklus I siswa secara klasikal mencapai ketuntasan 72,5%. Pada siklus II 77,5%. Hasil analisis kuesioner siswa, rerata skor kelas pada siklus I sebesar 37,98; tergolong positif/tinggi dan pada siklus II, rerata skor kelas sebesar 38,33; tergolong sangat positif/sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Fisika dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pokok Kalor pada kelas VIII E SMP N 1 Tulis Tahun Pelajaran 2005/2006. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar diadakan penelitian lebih lanjut dan pendekatan CTL ini dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran bagi guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Contextual Teaching and Learning (CTL).
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 29 Mar 2011 21:15
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:04

    Actions (login required)

    View Item