PERAN KELOMPOK BERMAIN DALAM PROSES SOSIALISASI ANAK USIA DINI KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL


Sungkowo Edy Mulyono, - PERAN KELOMPOK BERMAIN DALAM PROSES SOSIALISASI ANAK USIA DINI KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment.

[thumbnail of 14. Peran Kelompok Bermain dalam Proses Sosialisasi Anak Usia Dini Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal - KUSDIYANTO UNNES (1).pdf] PDF
Download (253kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan proses kelompok bermain serta faktor pendukung dan penghambat di Kelompok Bermain dalam melakukan sosialisasi anak usia dini.Pendekatan penelitian metode kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 9 orang terdiri dari 1 lembaga, 1 pengelola, 2 pendidik dan 5 orangtua wali murid di Kelompok Bermain Bina Ceria. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian dengan dibantu pedoman wawancara dan observasi. Pemeriksaan dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pengumpulan data dan pengambilan kesimpulan.Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Mendidik anak usia dini menjadi pribadi yang mandiri serta melatih anak dalam bersosialisasi, 2) Peran Kelompok Bermain terutama peran dari lembaga sebagai manajement, pengelola berperan sebagai kepala sekolah dan mengatur upaya peningkatan mutu pendidikan Kelompok Bermain, pendidik berperan mendidik dan membimbing anak, dan orangtua berperan melanjutkan pendidikan dirumah serta mengawasi tingkah laku anak pada saat dilingkungan keluarga maupun masyarakat, 3) Mendapat dukungan dari tokoh masyarakat dan lokasi KB yang strategis mudah dijangkau. Status kepemilikan gedung Kelompok Bermain masih pinjam pakai dan area bermain dan belajar sangat terbatas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Socialization Childhood; Playgroup Process
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:07
Last Modified: 27 Jan 2023 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55699

Actions (login required)

View Item View Item